Teknologi Otomotif

PLN Siapkan SPLU Pendukung Kendaraan Bertenaga Listrik

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 07 Jun 2017 11:06 WIB
motor listrik
PLN Siapkan SPLU Pendukung Kendaraan Bertenaga Listrik
Dengan dukungan pemerintah, kendaraan listrik akan semakin banyak digunakan. Viar

Metrotvnews.com, Jakarta: Memang belum ramai kendaraan full menggunakan motor listrik sebagai penggeraknya. Namun saat ini di pasar nasional, beberapa produsen asal negara Tiongkok sudah banyak yang menghadirkan mobil dan motor bertenaga listrik. Sayangnya kendaraan ramah lingkungan itu belum begitu populer di Indonesia.

"Pertanyaan yang paling sering saya hadapi adalah, dimana saya bisa mengisi baterainya dan berapa jarak tempuhnya," buka Leo Basuki, Commerce & Customer Service Manager PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya.

Namun ternyata tak banyak yang tahu, jika PLN sudah menyiapkan sarana untuk kendaraan bertenaga listrik yakni Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU). Sudah ada 393 titik SPLU di Jakarta bahkan Kepulauan Seribu.

"SPLU ini untuk mematahkan ketakutan orang-orang jika memakai kendaraan listrik. Untuk mencari lokasi SPLU, cukup buka Google Maps dan ketik SPLU, maka akan muncul lokasinya," terang Leo di Balai Kartini kemarin, 6 Juni 2017.

Proses penggunaan SPLU yakni cukup membeli token, masukkan nomor token dan SPLU sudah bisa digunakan. "Kami harap dengan kehadiran SPLU, produsen otomotif tidak skeptis menghadirkan kendaraan listrik," ujarnya lagi.

SPLU bahkan akan bertransformasi untuk mempermudah penggunanya, tanpa harus memasukkan nomor token lagi. Kedepan, PLN juga bersiap mengganti armada customer service-nya menggunakan motor sport bertenaga listrik.


(UDA)