Balap Motor

Ali Adrian Akui Dapat Set-up Terbaiknya

Ekawan Raharja    •    Selasa, 08 Aug 2017 15:36 WIB
balap motor
Ali Adrian Akui Dapat <i>Set-up</i> Terbaiknya
Ali Adrian kini yakin bisa menembus 10 besar klasemen WSS 300 di akhir kejuaraan. PART

Metrotvnews.com, Jakarta: Debut Ali Adriansyah Rusmiputro di World Supersport (WSS) 300 terbilang tidak mulus. Ali Adrian tidak bisa menyelesaikan balapan karena tunggangannya mengalami masalah.

"Dua minggu sebelum race perdana, panitia memperbolehkan untuk pergantian satu part. Satu part itu kopling," ucap Ali Adrian Selasa (8/8/2017) di Lapangan Golf Senayan Jakarta.

Masalah muncul ketika kopling di ganti, namun komponen lain tidak bisa diganti. Sehingga perlu waktu riset yang lebih lama untuk menemukan performa terbaik Yamaha YZF-R3. 

Hasilnya balapan perdananya Sirkuit Aragon Spanyol pada 2 April 2017 tidaklah berjalan baik. Ali Adrian harus menghentikan balapan di pertengahan balapan karena elektronik di sepeda motor mengalami masalah.

Seri kedua berlanjut ke Sirkuit Assen Belanda pada 30 April 2017. Meski sepeda motornya bisa berfungsi dengan baik, namun Ali Adrian belum menemukan pengaturan dan riding feeling yang tepat dengan kuda besinya.

"Ketika masuk ketikungan engine brake tidak langsung terasa, seperti masuk ketikungan tapi kopling di tekan, padahal saya tidak menekan kopling. Ketika katup gas dibuka, engine brake baru keluar," bebernya.

Tetapi dua seri yang tidak menghasilkan poin tersebut dibayar lunas oleh Ali Adrian di seri tiga yang berlangsung di Sirkuit Imola Italia pada 14 Mei 2017. Dia bersama tim Pertamina Almeria Racing Team sudah mendapatkan pengaturan yang tepat untuk YZF-R3 milik Ali Adrian. Hasilnya dia yang memulai balapan dari urutan ke-13, dan berhasil finis di urutan ke-14.

Kemudian balapan di Sirkuit Donington pada 28 Mei 2017 juga mendapatkan hasil yang lebih baik. Dia berhasil finis di urutan ketujuh dan berhak membawa 9 poin.

"Sekarang sudah puas dengan setting sepeda motor. Manager saya berujar untuk mulai menatap juara mulai dari seri Imola," lanjutnya.

Ali mengakui bahwa sepeda motornya sudah menjadi yang terkencang. Bahkan sepeda motornya di klaim nomor tiga tercepat untuk sepeda motor Yamaha yang ikut serta di WSS 300.

"Saya di targetkan oleh Pertamina untuk bisa masuk ke-10 besar. Saya optimis bisa masuk ke-10 besar di akhir kejuaraan," jawab Ali Adrian.

Saat ini Ali Ardian berhasil mengumpulkan 11 poin dari lima balapan yang sudah bergulir dari awal 2017. Hasil ini membuat dia berhasil berada di posisi 18 dari 42 pembalap yang mengikuti WSS 300.


(UDA)