Komponen Aftermarket

Ikut Fun Race? Pilih Komponen Mumer

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 30 May 2016 12:06 WIB
ban motor
Ikut <i>Fun Race</i>? Pilih Komponen Mumer
IRC jadi pilihan komunitas peserta Yamaha Sunday Race. MTVN/ A. Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Bogor: Yamaha Sunday Race (YSR) selain diikuti pembalap profesional, juga diramaikan oleh peserta dari komunitas pengguna Yamaha R-Series. Mereka bertarung dalam kelas Sport 150 dan Sport 250.

Tentunya para anggota komunitas yang mengikuti balapan seperti YSR ini mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Mulai dari biaya pendaftaran, pembelian komponen motor, apparel, hingga penggunaan ban spesifikasi khusus balap.

Namun khusus untuk fun race, biasanya yang paling banyak diganti adalah komponen bodi, kaki-kaki (ban dan suspensi) serta knalpot. Komponen yang lain biasanya masih dibiarkan standar.

Bicara mengenai ban balap, jika menilik brand asing dibanderol dengan harga tinggi, tembus Rp 3 jutaan sepasangnya. Untuk menekan budget, banyak komunitas peserta YSR memilih ban racikan lokal IRC spesifikasi balap seperti IRC Fasti 1.

"Sebenarnya harga yang harus dikeluarkan untuk membeli komponen bisa tidak terlalu mahal. Sehingga bisa memancing mereka pecinta balap untuk menyalurkan hobi di tempat yang tepat," papar Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, Dodiyanto.

Terdapat beberapa pilihan ukuran untuk ban Fasti 1, mulai 90/80-17, 110/70-17, 130/70-17 dan 140/70-17. Selain Fasti 1 yang tipe slick, ada pula Fasti 2 untuk trek kering dan dan Fasti 3 untuk penggunaan dalam kondisi hujan.
 


(UDA)