Modifikasi Motor

Yamaha XS650 Custom Ini Karya 'Pemulung'

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 13 Sep 2016 11:28 WIB
modifikasi motor
Yamaha XS650 <i>Custom</i> Ini Karya 'Pemulung'
Yamaha XS650 hasil improvisasi pemikiran Maz Hazan. Moneyinc

Metrotvnews.com: Bicara soal sepeda motor custom, Max Hazan adalah salah satu yang disegani. Beberapa hasil karya pria kelahiran New York 1981 ini tidak sekadar mendapat acungan jempol, tetapi penghargaan kelas dunia seperti Bike of the Year Award 2013.

Salah satu karyanya yang fenomenal adalah Yamaha XS650 lansiran 1983. Ide awal ia membangun semua ini karena ingin membuat XS650 terlihat ganteng. Uniknya tidak ada gaya atau aliran tertentu menjadi referensinya. 

Semua yang dikerjakannya dibiarkan mengalir mengikuti garis yang dikembangkan, tanpa perlu membuat sketsa atau gambar referensi terlebih dahulu. Semua bahan yang dipakai meng-custom XS650 malah barang-barang bekas dari hasilnya memulung dan hunting di e-Bay.

Tangki bensin dimodifikasi menggunakan topi filler dari perahu balap vintage, shifter dibuat dari tombol pintu porselen yang ditemukannya di toko barang bekas. Sistem kopling dibuat dari bagian-bagian yang diperoleh dari mesin jahit. Termasuk pipa 1 inci bekas yang Hazan pulung dari restoran di tempatnya bekerja dahulu.

Komponen asli bawaan motor yang dipertahankan adalah karburator 150 jet, rem depan, dan beberapa bagian yang masih bisa difungsikan. Jok motor didesain dengan susupensi semi-bearing. Segel katup dan cincin diubah untuk mempermudah perbaikan mesin. Sedangkan kaki-kakinya adalah pelek MX dengan jari-jari Buchanan.

"Pada akhirnya, motor bisa dikendarai dengan nyaman dan legal di jalan raya," kata Hazan.
 


(UDA)