Peristiwa Unik

Bule' Australia Ini Pecah Rekor Bermotor di Atas Air

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 10 May 2017 17:20 WIB
peristiwa unik
Bule' Australia Ini Pecah Rekor Bermotor di Atas Air
Akso Robbie berkendara di atas permukaan air. Transmoto

Metrotvnews.com: Robbie Maddison, seorang stunt rider asal Australia yang dikenal dengan aksi berkendara di atas permukaan air pada 2015 lalu. Saat itu Robbie melibas tepi pantai dan lautan di Teahupo,Tahiti. 

Tak puas, dirinya pun mencoba memecahkan rekor. Rekor dimaksud adalah berkendara dengan motor di atas permukaan air dengan jarak paling jauh. Proyek bernama Pipe Dream-Chasing the Dream ini, dilakukan di sejumlah titik. Salah satunya di San Diego, Amerika Serikat.

Persiapan yang dilakukan adalah memodifikasi tunggangan KTM miliknya. Pada aksi perdana dirinya menggunakan KTM 250SX bermesin 2-tak, maka pada aksi keduanya ini, dirinya menggunakan KTM 450 4-tak.

Modifikasi yang dilakukan tetap sama, tim Robbie menambahkan papan sepancar pada kedua roda motor KTM miliknya. Papan inilah yang berfungsi layaknya papan untuk surfing dan menahan motor tetap dipermukaan.

Ban belakang yang dipakai pun khusus dengan permukaan lebih kasar (jarak kerenggangan lebih besar), yang diperuntukkan untuk permukaan pasir. Ban ini jadi punya fungsi yang sama untuk permukaan air, yakni mendorong sepeda motor terus melaju.

Pencapaian pada Pipe Dream episode kedua ini pun sukses. Robbie berhasil melintasi permukaan lautan yang tenang, dan berhasil menempuh jarak 31,8 kilometer berdasarkan GPS yang dipasangkan. Rekor sebelumnya adalah 27,4 kilometer.


(UDA)