Industri Otomotif

Produksi Motor Terbanyak, India Tekuk Cina

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 23 Aug 2017 09:41 WIB
industri otomotif
Produksi Motor Terbanyak, India Tekuk Cina
Penjualan motor di India mengalahkan penjualan global pabrikan-pabrikan besar Eropa-Amerika. Livemint

Metrotvnews.com: India dipastikan melewati Cina sebagai negara dengan produksi sepeda motor terbanyak dunia. Pertumbuhan produksi roda dua disana terus menanjak seiring bertambahnya pabrikan India yang berkolaborasi dengan merek asal Eropa.

Dituliskan New Atlas, penjualan motor disana naik tujuh persen tahun lalu, yang merefleksikan penjualan dipasar domestik ikut meningkat. Ekonomi yang makin kuat, dilengkapi dengan pembangunan jalan nasional mengerek penjualan motor 250 cc ke atas.

Contoh saja, Royal Enfield tahun lalu menjual lebih dari 700 ribu unit motor hanya di India saja. Angka ini hampir setara dengan kombinasi penjualan global dari Harley-Davidson, KTM, BMW, Triumph dan Ducati.

Motor yang banyak diminati adalah motor dengan mesin 100-125 cc, sedangkan Royal Enfield yang hanya produksi motor bermesin 350-500 cc mampu menjual 60 ribu unit per bulannya. Ya India pasar roda dua yang besar saat ini dan jadi pilihan partnership dengan pabrikan motor lain.

Contohnya macam Bajaj yang berkolaborasi dengan KTM sejak 10 tahun lalu, mampu meningkatkan angka produksi hingga tiga kali lipat. Capaian ini bakal bertambah karena tahun depan mereka juga akan memproduksi Husqvarna Vitpilen dan Svartpilen.

Sementara itu TVS yang bergabung dengan BMW sejak empat tahun terakhir, membangun motor kelas menengah untuk pasar domestik dan ekspor. BMW G310R jadi hasil karya pabrik TVS di Tamil Nadu.

Lainnya ada Mahindra, mereka sudah turun balap di kelas Moto3 ajang balap MotoGP, dan dua tahun lalu memegang kendali Peugeot divisi motor. Mereka juga membeli rumah desain ternama Pininfarina pada 2015, kemudian tahun lalu mengakuisisi BSA, dan siap meracik model baru pada 2019 di Prancis dan India.


(UDA)