Industri Otomotif

AISI Optimistis Ekspor Sepeda Motor Terus Meningkat

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 02 Nov 2016 13:00 WIB
industri otomotif
AISI Optimistis Ekspor Sepeda Motor Terus Meningkat
Ekspor sepeda motor terus meningkat. MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) berupaya memenuhi permintaan pemerintah untuk meningkatkan ekspor sepeda motor. Termasuk mendorong pertumbuhan pasar domestik yang sedang melemah. 

"Kami menargetkan penjualan 6 juta unit sepeda motor untuk pasar domestik sampai akhir 2016.  Saya sempat sharing dengan pemerintah. Kami diharapkan bisa menaikkan target penjualan hingga 10 juta unit pada 2020," kata Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata, saat ditemui di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016 , di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (2/11/2016).

Gunadi sadar kondisi pasar domestik sedang lesu. Namun, ia tetap berpikir positif. Toh, AISI juga terus berupaya membuka pasar baru guna meningkatkan ekspor.

"Menilik dari keberhasilan industri sepeda motor di Indonesia, kami jadi dipercaya untuk pengembangan ekspor pada 2020 dan memenuhi target 100 persen. Jika melihat pasar domestik, kami optimistis bisa mencapai angka 1.000 persen pada 2020," tegasnya dengan semangat.

Beragam pihak harus bahu-membahu untuk mencapai hal itu. Selain itu, kebijakan khusus juga harus diterapkan. Di antaranya penghapusan kebijakan yang menyebabkan biaya tinggi.


(HIL)