Nasional

Motor Kalau Mau Masuk Tol Harus Tertib

Ekawan Raharja    •    Senin, 04 Feb 2019 10:08 WIB
jalan tolklub motor
Motor Kalau Mau Masuk Tol Harus Tertib
Ide sepeda motor masuk tol kini kembali hangat diberbagai kalangan. MI/Immanuel Antonius

Serpong: Belakangan kembali mencuat ide sepeda motor masuk tol. Tentu saja ide ini langsung mendapatkan banyak dukungan, khususnya para bikers, yang memang sudah lama ingin bisa berkendara di dalam jalan tol.

Ketua Umum Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI), Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Drs. Nanan Soekarna, menyatakan dukungannya sepeda motor bisa masuk ke dalam jalan tol. Menurutnya di luar negeri saja sudah sepeda motor bisa juga melintas di jalan bebas hambatan tersebut.

"Saya hanya dukung, Ketua DPR yang mengkaji. Kami sebagai bikers cuma mengamini tapi dipikirkan juga bersama," ujar Nanan Minggu (3/2/2019) di Serpong Tangerang Selatan.

Mantan Wakil Ketua Kepolisian Republik Indonesia ini juga melihat peraturan sepeda motor masuk tol juga diatur melalui Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol. Sehingga landasan hukum sepeda motor masuk tol sudah ada.

"Kalau motor besar masuk tol, itu paling cuma seminggu sekali. Kalau touring lewat jalan biasa pasti akan menimbulkan macet dan gangguan, karena panjang dan menggangu. Kalau lewat tol 30 menit semua kelar dan beberes," lanjutnya.

Selain menyatakan dukungan sepeda motor masuk tol, Nanan juga meminta kepada seluruh bikers untuk menunjukan sikap baik. Hal ini merujuk kepada tertib berlalu lintas dan menunjukan kedisiplinan yang baik.

"Jadi, motornya mau besar atau kecil, tunjukkan disiplin dulu, supaya orang percaya. Menurut saya, yang penting disiplin, tertib dan bermanfaat untuk bersama, bukan hanya pribadi atau kelompok tertentu saja," tutupnya.


(UDA)