Peristiwa Unik

Kepolisian London Patroli Pakai Motor Hidrogen

Ekawan Raharja    •    Kamis, 07 Sep 2017 12:33 WIB
peristiwa unik
Kepolisian London Patroli Pakai Motor Hidrogen
Penggunaan sepeda motor hidrogen ini sebagai salah satu bentuk kampenye Kepolisian London untuk kendaraan ramah lingkungan. Suzuki

Metrotvnews.com: The Metropolitan Police Service London kini menggunakan sepeda motor baru sebagai kendaraan patroli. Para aparat ini mendapat jatah Suzuki Burgman hidrogen untuk berkelling Kota London.

Penggunaan sepeda motor ramah lingkungan ini terkait program pengurangan emisi gas buang di Kota London. Diharapkan penggunaan sepeda motor berteknologi hidrogen ini dapat memberikan contoh baik dan menambah pengetahuan para polisi mengendai sepeda motor ramah lingkungan.

"Sebagai kepolisian terbesar di Inggris, kami terus harus mengatur banyak kendaraan di jalan raya. Oleh karena itu kami bertjuan untuk membuat armada operasional kami sebersih mungkin sembari mempertahankan kemampuan operasional kami," ujar Komandan Neil Jerome dari Metropolitan Police Service London seperti dikutip dari telegraph.

Burgman hidrogen ini dipinjamkan oleh Suzuki selama 18 bulan masa percobaan. Nantinya tujuh unit yang dipinjamkan bakal digunakan divisi Roads and Transport Policing Command yakni Police Community Support Officers yang memiliki markas di Alperton Deployment Centre.

Burgman hidrogen ini menggunakan panel matahari untuk mengubah air menjadi tenaga listrik yang disimpan di dalam baterai. Sepeda motor ini dapat melaju hingga 120 kilometer dalam kondisi tangki terisi penuh.

Selain pihak Kepolisian London yang diuntungkan, Suzuki juga diuntungkan karena sepeda motor mereka digunakan oleh petugas kepolisian. Pabrikan asal Suzuki ini bisa mengumpulkan data lebih banyak sehingga mereka bisa mengembangkan Burgman hidrogen lebih baik lagi.

“Suzuki merasa sangat terhormat untuk dapat membuktikan Burgman Fuel Cell dan mendapatkan respon dari uji coba penting ini bersama Metropolitan Police Service. Data operasional yang kami peroleh dari uji coba ini akan kami kumpulkan dan digunakan untuk mendukung program pengembangan kendaraan tanpa emisi Suzuki,” tutur Managing Director Suzuki Inggris, Nobuo Suyama.


(UDA)