Komponen Aftermarket

IRC RMC 810, Ban Level Medium Penuhi Kriteria Premium

Ahmad Garuda    •    Rabu, 12 Apr 2017 17:00 WIB
komponen aftermarket
IRC RMC 810, Ban Level Medium Penuhi Kriteria Premium
IRC tak main-main jika bicara kualitas di untuk produk yang mereka keluarkan. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, Jakarta: IRC Tire yang berada di bawah brand PT. Gajah Tunggal Tbk, pada Rabu (12/4/2017), secara resmi meluncurkan ban di segmen medium mereka yaitu RMC 810. Meski demikian, ban ini punya kualitas premium karena memenuhi banyak kriteria.

Beberapa di antaranya adalah sudah menganut konsep ban radial dengan struktur material lebih kuat, ringan namun menawarkan heat resistance sangat baik. Namun bukan hanya ini, beberapa faktor ada di ban ini sudah lebih dari layak untuk bisa bersaing dengan ban-ban premium untuk penggunaan harian asal Eropa seperti Michelin dan Pirelli.

"Kami juga tidak mau mengatakan bahwa ini adalah ban premium dan bakal menggeser potensi pasar ban Eropa seperti Michelin dan Pirelli. Tapi jelas kami membuat ban ini dengan memenuhi beberapa kriteria. Tidak hanya grip yang sempurna saja, namun hal lain seperti durabilitas, hingga kenyamanan digunakan dalam segala kondisi, juga jadi pertimbangan. Sehingga kami berani mengatakan bahwa kualitasnya cukup tinggi," klaim Vice President Director IRC Jepang, H Mizuno kepada Metrotvnews.com di Karawang, Jawa Barat.

Banyaknya kriteria yang terpenuhi oleh ban ini, juga menjadikannya performanya cukup mumpuni. Menurut penjelasan yang diberikan Executive Vice President Marketing & Sales Replacement MC Tire PT Gajah Tunggal Tbk, Arijanto Notorahardjo, bahwa ban ini bakal jadi masa depan di IRC.

"Ban ini masih diimpor seutuhnya dari Jepang, kami belum membuatnya di Indonesia. Kalau ditanya kapan akan diproduksi secara lokal, yang jelas kami akan mempelajari kondisi pasar dulu. Kalau dari sisi teknologi sih, sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Karena kami di GT Radial, sudah menggunakan teknologi ban radial dengan ragam konfigurasi terbaik untuk ban mobil. Kalau untuk motor, ya kami akan lihat dulu, jika memang demand-nya banyak, maka akan dilihat kemungkinan terbaiknya," beber Arijanto.

Saat dilakukan uji secara singkat, terhadap tiga motor tipe sport dengan merek berbeda, performanya memang sangat baik. Grip ban terasa cukup baik kendati diajak untuk bermanuver ekstrim dengan kecepatan cukup tinggi.

Ari melanjutkan, bahwa ban ini sangat ampuh digunakan untuk mereka yang suka riding setiap hari, apalagi hanya untuk penggunaan yang frekuensinya jarang-jarang.

Ban ini mulai diperkenalkan dengan harga Rp730 ribu untuk ukuran 110/70/R17, kemudian Rp970 ribu untuk ukuran 140/70/R17 dan terakhir Rp1.010.000 untuk ukuran 150/70/R17. Semua harga ini merupakan harga eceran tertinggi yang ditetapkan IRC untuk pasar nasional.


(UDA)