Rekor Wheelie Tercepat Pecah Diangka 341,28 KPJ

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 02 Sep 2016 14:05 WIB
Rekor <i>Wheelie</i> Tercepat Pecah Diangka 341,28 KPJ
Popta beraksi dengan Hayabusa yang dimodifikasi. Youtube

Metrotvnews.com: Wheelie dikenal sebagai salah satu teknik mengendalikan sepeda motor dengan mengangkat roda depan sambil terus bergerak maju. Tidak hanya stunt rider, para pembalap baik internasional maupun nasional juga kerap melakukannya sebagai selebrasi kemenangan.

Bicara tentang wheelie, ternyata ada lomba khusus untuk aksi tersebut. Adalah Motorcycle Wheelie World Championship, yang tahun ini diadakan di Elvington Airfield, North Yorkshield, Inggris beberapa waktu lalu. 

Lomba ini memlombakan skill peserta untuk melakukan wheelie dengan kecepatan paling tinggi. Dan tahun ini rekor tersebut pecah, Egbert Van Popta berhasil wheelie dengan kecepatan 341,28 kilometer per jam.

Hasil yang diraih pria asal Belanda tersebut berhasil mematahkan rekor sebelumnya yang ada diangka 337,6 kilometer per jam. Peserta hanya punya area sejauh satu kilometer untuk memecahkan mencapai kecepatan tertinggi.

Aksi ini dilakukan selain dengan skill tinggi, juga kuda besi yang mumpuni. Popta menggunakan Suzuki Hayabusa yang sudah dimodifikasi dengan menabahkan turbo, knalpot racing serta melepas fairing.

Event ini digelar tahunan dan diikuti peserta dari banyak penjuru dunia, dan mereka adalah para spesialis wheelie dengan kecepatan tinggi.
(UDA)