Balap Motor

Supersport 300 Mulai Dilombakan Musim Depan

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 29 Sep 2016 08:58 WIB
balap motor
Supersport 300 Mulai Dilombakan Musim Depan
World Supersport 300 jadi kelas untuk pembalap pemula. Bkesportnews

Metrotvnews.com: Kategori balap motor prototipe MotoGP, memiliki tiga kelas yang dilombakan sebagai penjenjangan pembalap yang tepat. Yaitu kelas Moto3 (mesin 250 cc), Moto2 (mesin 600 cc) dan MotoGP (mesin 1.000 cc). Namun di World Superbike (WSBK) masih sebatas 2 kelas.

Padahal dari sisi perkembangan produk, motor massal di kelas 250 cc atau 300 cc sudah cukup banyak. Namun tahun depan, Dorna Sports memastikan bahwa kelas balap Supersport 300 bakal melengkapi kelas World Supersport (600 cc) dan WSBK dengan motor bermesin 1.000 cc.

Kelas baru itu dinamakan dengan WorldSS300. Kelas ini akan menjadi pijakan pertama pembalap muda dalam balapan menggunakan motor sport. Memang ini sudah sepantasnya dipersiapkan khusus untuk pembalap pemula, seperti dituliskan Bikesportnews.

"Fokusnya adalah memberikan kelas balap yang cocok untuk pembalap muda. Akan jadi sangat menarik dengan motor sport kapasitas kecil di olahraga ini dan kelas WorldSS300 akan memberikannya," papar WorldSBK Executive Director, Javier Alonso.

Menurut Javier, kelas ini akan dipromosikan oleh pabrikan sebagai kejuaraan yang mudah diakses, peluang terbaik untuk mengembangkan bintang balap di masa mendatang. "Mereka (pabrikan) bisa mengembangkan pembalap sejak usia dini," sambungnya.

Kelas baru ini akan berbasis dari unit motor yang dijual di Eropa. Sudah ada empat motor yang lolos homologasi untuk kelas ini, diantaranya ada KTM RC390, Yamaha YZF-R3, Kawasaki Ninja 300 dan Honda CBR500R. Tapi masih akan dilihat sejauh mana ini akan digunakan, jika ada yang harus diperbaiki, maka akan diatur di kemudian hari.


(UDA)