Motor Konsep

Merayakan Ulang Tahun Ke-100, BMW Kenalkan Motor Konsep Baru

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 13 Oct 2016 06:10 WIB
motor konsep
Merayakan Ulang Tahun Ke-100, BMW Kenalkan Motor Konsep Baru
Motor konsep baru BMW Motorrad Vision Next 100. Autoguide

Metrotvnews.com: Ada yang spesial dari perayaan ulang tahun ke-100 BMW. Pada kesempatan kali ini, mereka meluncurkan sepeda motor konsep terbarunya. Motor tersebut sekaligus menjadi gambaran proyeksi kendaraan BMW paada 100 tahun ke depan.

Visi sebagai pembuat kendaraan masa depan masih diusung BMW. Visi itu lantas mereka implementasikan pada awal tahun ini ketika telah meluncurkan mobil BMW Vision Next 100 concept di Munich, Jerman. Setelah itu, mereka meluncurkan MINI Vision Next 100 dan Rolls Royce Vision Next 100 concept, di London, pada Juni 2016.

Pada rangkaian perayaan ulang tahun ke-100, BMW Motorrad Vision Next 100 meluncurkan sepeda motor konsep baru sebagai generasi sepeda motor masa depan. Tidak seperti BMW dan Rolls Royce Vision Next 100 concept, sepeda motor ini tidak dilengkapi teknologi mengemudi otonom. Ide konsep ini adalah untuk menciptakan pengalaman berkendara murni.

Namun sebagai kendaraan masa depan, sepeda motor ini dilengkapi fitur visor cerdas yang bisa memberikan jarak pandang ke segala arah. Ada juga fitur head up display. Fitur itu memberikan informasi secara aktual kepada pengendara. Cara mengoperasiannya cukup dengan memiringkan kepala.

Desain sepeda motor terlihat futuristik karena terinspirasi dari model R32 lansiran 1923. Termasuk bingkai segitiga hitam yang terinspirasi sepeda motor keluaran lawas. Sementara itu, keberadaan fitur flexible frame memudahkan dan membantu pengemudi dalam mengontrol kemudi. Selain itu, BMW juga memasangkan sistem self balancing yang berfungsi menjaga keseimbangan dan mencegah motor terjatuh saat keadaan berhenti atau berjalan.

Meski dikenal dengan mesin boxer tradisional, sepeda motor konsep ini didesain menggunakan tenaga listrik. BMW mengklaim motor listrik akan seketika tak bekerja ketika sepeda motor berhenti melaju. Lalu otomatis bekerja ketika kembali berjalan.

 


(HIL)