Motor Baru

Aprilia Riset RSV4 Generasi Baru?

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 10 Jul 2018 08:48 WIB
aprilia
Aprilia Riset RSV4 Generasi Baru?
Aprilia RSV4 jadi superbike pertama pakai IMU dan ride by wire. Aprilia

Pontedera: Aprilia RSV4 merupakan salah satu motor superbike yang canggih. Motor ini sudah diproduksi sejak 10 tahun lalu, dan punya kualitas engineering yang sangat baik.

Sebagai info saja, motor ini jadi superbike pertama yang pakai inertial measurement unit (IMU). Sebuah perangkat yang mengatur pergerakan motor, serta terhubung dengan beragam perangkat lainnya seperti kontrol traksi dan ride by wire.

Pabrikan asal Italia ini sendiri rajin memberikan update untuk superbikenya itu tiap dua tahun sekali. Tapi motor tersebut sudah berusia 10 tahun, dan sudah waktunya masuk masa perubahan besar.

Dituliskan GPOne, generasi terbaru dari RSV4 sedang dikembangkan. Kabarnya salah satu fokus adalah pembesaran tenaga yang dihasilkan, targetnya akan ada diangka 215 hingga 220 daya kuda, untuk menyaingin mesin V4 Ducati.

Tenaga tersebut ditargetkan tercapai, meski mesinnya sendiri tetap berkapasitas 1.000cc. Mesin ini juga akan disiapkan untuk homologasi, agar bisa digunakan pada ajang balap seperti World Superbike.

Sumber lain menambahkan selain upgrade tenaga mesin, Aprilia juga memikirkan aerodinamika motor, serta pengurangan bobot pada rangka. Kita lihat seperti apa sosoknya kelak.


(UDA)