Tips Knowledge

Teknik Pengereman Kombinasi di Motor Matic

M. Bagus Rachmanto    •    Minggu, 21 Oct 2018 10:50 WIB
tips knowledge
Teknik Pengereman Kombinasi di Motor Matic
Teknik pengereman yang tepat dengan menyesuaikan kecepatan sepeda motor. Medcom.id/Ahmad Garuda

Jakarta: Menunggangi sepeda motor terlihat sepele, namun tidak sedikit biker yang belum paham dan mengetahui cara mengendarai sepeda motor yang benar dan aman. 

Salah satu contoh adalah teknik pengereman sepeda motor jenis matic. Tak jarang biker mengalami slip ban depan karena cara pengereman yang salah, terutama saat melakukan pengereman mendadak.

Chief of Trainer Rifat Drive Labs (RDL), Herry Wahyudi menerangkan, hal tersebut lumrah terjadi dikarenakan bobot motor matic cenderung lebih berat di belakang dibanding di depan, oleh karena itu penting bagi biker memahami cara pengereman yang benar.

"Berbeda dengan motor manual yang sistem pengeremannya bisa dibantu engine brake, sedangkan pada motor matic hanya mengandalkan rem dan feeling pengendara," ucap Herry saat berbincang dengan Medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Untuk itu Herry mengingatkan, pada kecepatan tinggi di atas 40 km per jam, pengereman motor matic sebaiknya menggunakan teknik combi brake/rem kombinasi, yaitu menarik tuas rem bersamaan secara perlahan agar ban belakang tidak selip/ngebuang.

"Gunakan pijakan kaki untuk memindahkan bobot saat terjadi rem mendadak, karena ketika itu terjadi secara otomatis bobot pengendara akan mendorong ke depan, jadi jangan mengandalkan tumpuan pada setang dan tangan saja," tutup Herry.


(UDA)