Test Ride

First Ride All New CB150 Verza, Sport Murah dan Lincah

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 22 Feb 2018 09:40 WIB
honda motortest ride
First Ride All New CB150 Verza, Sport Murah dan Lincah
CB150 Verza mengincar konsumen yang naik kelas dari matik/bebek. Medcom/ A. Harry Budiawan

Jakarta: Honda Verza hadir pertama kali tahun 2013 dan mengisi ceruk pasar motor sport entry level di bawah Megapro. Ironisnya Megapro justru dibuat melempem dan penjualan Verza justru stabil.

Mendapat respon positif dan penjualan yang stabil, PT Astra Honda Motor (AHM) pun menghadirkan All New CB150 Verza. Ya kini Verza mengusung nama 'CB' sebagai nama legendaris naked bike Honda.

Desain model ini berubah signifikan di bagian depan. Lampu  model diamond berganti bulat, dengan penerangan bohlam halogen. Lampu bulat dengan pegangan plastik tebal ini seolah mirip dengan CB150R ExMotion yang beredar di Thailand.

Lalu panel indikator sudah digital dengan bentuk mirip punya BeAT Street. Kemudian tangki dengan shroud yang baru, bergaya 3D serta tutup tangki yang bentuknya kokoh, tapi justru seperti tutup jerigen.

Lainnya? Hanya ubahan minor seperti model lampu belakang yang dibuat lebih segar tapi bentuknya tak jauh beda. Kemudian cover knalpot yang lebih tegas.

Soal impresi berkendara motor ini terbilang nyaman, posisi setang tinggi, jok tebal dan pijakan kaki yang pas bikin posisi duduk tegap dan sigap. Motor pun mudah dikendalikan melewati jalur yang sudah disiapkan.

Redaman suspensi terbilang empuk untuk bagian depan, sedang belakang agak keras. Bagian belakang dikawal suspensi ganda yang memang lebih kuat untuk beban berat, sesuai untuk kegunaan dan target pasar motor ini.

Handling saat melakukan slalom dan menikung panjang stabil dan lincah, motor pun terasa ringan. Rem belakang walau masih model tromol, tapi sangat pakem.

Soal mesin tenaga dan torsinya terbilang pas. Berkapasitas 150cc, SOHC, pendingin udara berpadu transmisi lima percepatan. Output mesin mencapai 12,8 daya kuda pada 8.500 rpm, serta torsi puncak 12,73 Nm pada 6.000 rpm.

Dengan status motor sport entry level, AHM melabeli motor ini dengan banderol Rp19,95 juta dengan tiga pilihan warna merah, silver dan hitam. Untuk versi pelek jari-jari Rp19,3 juta dengan warna hitam saja. Harga on the road Jakarta.


(UDA)