Moto2 World Championship

Aprilia Tertarik Riset Rangka Moto2

Ahmad Garuda    •    Senin, 30 Oct 2017 14:42 WIB
balap motoraprilia
Aprilia Tertarik Riset Rangka Moto2
Aprilia tertarik riset rangka untuk berlaga di Moto2. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, Jakarta: Tahun depan akan jadi tahun terakhir Honda memasok mesin untuk kelas Moto2 World Championship. Pada 2019 mendatang, Triumph bakal mengambil alih posisi sebagai pemasok mesin Moto2 yang bebasis Daytona 3 silinder.

Namun tiap tim masih bebas menggunakan rangka yang mereka inginkan. Misalnya seperti yang ada saat ini, Kalex, KTM, Speed Up dan Mistral. Lantaran kompetisinya sangat menarik, apalagi setelah melihat KTM yang baru masuk tahun ini dan mampu tampil kompetitif, membuat Aprilia punya ketertarikan tinggi kembali ke kelas intermediate tersebut.

Di era balap GP500, GP250 dan GP125, Aprilia adalah pabrikan yang sangat konsisten di dua kelas, yaitu GP125 dan GP250. Namun ketika era motor 4-stroke diluncurkan, Aprilia malah fokus di balap Superbike dan akhirnya kembali ke MotoGP lewat kategori Open Class.

"Saya juga belum tahu seperti apa detailnya dan bagaimana Aprilia bakal memulai kiprah mereka di Moto2. Tapi yang jelas ada kemungkinan mereka akan ikut di kelas itu sebagai pemasok rangka. Mengingat brand ini juga punya kompetitifitas yang tinggi di kategori 600 cc ke bawah," ujar Owner tim Gresini Racing, Fausto Gresini yang didaulat jadi tim pabrikan Aprilia di MotoGP.

Jika ditilik dari sisi kompetitifitas, bisa jadi itu memang akan terwujud. Apalagi mesin Triumph punya karakter yang sangat berbeda dari karakter mesin 600 cc yang dipasok Honda. Konfigurasi jumlah piston juga bakal berpengaruh besar di sana. Sehingga pengalaman Kalex di Moto2 bukan jadi tolak ukur mereka bisa memberikan rangka sekompetitif beberapa tahun terakhir.

Bahkan tidak menutup kemungkinan tak hanya Aprilia yang akan kembali ke ajang balap ini. Era awal Moto2 digelar 2010 lalu, beberapa brand rangka motor balap cukup antusias ikuti balap ini. Di antaranya Moriwaki, Suter, RSV, Motobi, I.C.P., BQR-Moto2, Bimota, FTR, MIR Racing, ADV hingga Force GP210.

Jika itu terwujud, maka pertarungan di kelas Moto2 ini bakal kembali menarik. Lantaran setiap pabrikan rangka otomotif dunia bakal berlomba memasok rangka terbaiknya agar bisa tampil kompetitif.


(UDA)