Perlengkapan Pembalap

Espargaro dan Simeon Tak Pernah Keluhkan Soal Helm

Ahmad Garuda    •    Sabtu, 17 Feb 2018 21:13 WIB
perlengkapan pembalap
Espargaro dan Simeon Tak Pernah Keluhkan Soal Helm
Xavier Simeon dan Aleix Espargaro tak pernah keluhkan soal helm. motogp

Buriram: Aleix Espargaro dan Xavier Simeon adalah dua pembalap dari kategori balap MotoGP yang menggunakan helm produksi anak bangsa yaitu KYT. Peran perlengkapan untuk pembalap ini pun dirasakan sangat penting. Hal itu diungkapkan langsung oleh kedua pembalap itu saat berbicara langsung kepada medcom.id.

"Jujur saja, saya tidak pernah mengalami masalah di helm ketika menggunakannya saat balapan. Padahal tipe yang saya gunakan modelnya sama dengan versi produksi massal dan dijual umum. Karena cukup nyaman menggunakan inilah, maka tak ada alasan untuk mengganti dengan yang lain," klaim Simeon yang menggunakan helm ini sejak 2014 lalu.

Bahkan Ia mengaku meski melakukan sedikit penyesuaian terhadap bagian dalam helm, Ia tetap merasa percaya diri. Pembalap pertama asal Belgia yang masuk ke kelas MotoGP itu, mengaku tak pernah meminta secara khusus untuk model helm.

"Hanya ada beberapa penyesuaian saja di bagian padding (busa bagian dalam helm) agar tetap nyaman digunakan dalam segala kondisi. Secara umum, saya merasa sangat senang menggunakan pelindung kepala ini sejak awal."

Tak berbeda jauh dengan Simeon, pembalap tim Aprilia Gresini Racing, Aleix Espargaro juga menganggap bahwa helm yang Ia gunakan sekarang punya keunggulan soal kedap suara. Namun sistem ventilasi tetap bekerja sempurna.

"Sistem sirkulasi udara di dalam helm ketika digunakan, adalah hal yang paling penting. Ini untuk memberikan perasaan nyaman, kepala tidak terasa panas agar kita tetap bisa berkonsentrasi saat balapan. Semua komponen bekerja dengan baik, bahkan saat kondisi hujan pun, teknologi antifog di visor memberikan perlindungan terbaik agar penglihatan tetap baik," ungkap Espargaro.

Kabar terbaru yang diterima redaksi medcom.id adalah bahwa produsen helm dalam negeri itu, sedang meriset helm terbaru untuk balap MotoGP. Kemungkinan besar ini dilakukan untuk membuat performa pelindung kepala itu lebih sesuai dengan standarisasi untuk pembalap level dunia.

Apalagi tahun depan akan ada homologasi yang lebih ketat semua perlengkapan yang digunakan para pembalap di ajang balap MotoGP. Jika tak memenuhi tingkat kenyamanan atau standarisasi FIM, maka komponen tersebut tak bisa digunakan oleh para pembalap. Meski pun jadi sponsor utamanya.
(UDA)