Motor Konsep

'Sang Petualang' Yamaha Tenere 700 World Raid Concept

Ekawan Raharja    •    Rabu, 08 Nov 2017 15:30 WIB
yamahaeicma
'Sang Petualang' Yamaha Tenere 700 World Raid Concept
Yamaha Tenere 700 World Raid Concept didesain untuk keperluan adventure. Yamaha

Metrotvnews.com: Yamaha tampaknya cukup agresif mengembangkan sepeda motor bergaya adventure. Setelah memastikan memperkenalkan Yamaha New MT-09 Tracer di Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accessori (EICMA) 2017, kini pabrikan berlogo garpu tala tersebut bersiap memperkenalkan Yamaha Tenere 700 World Raid Concept.

Sepeda motor bergaya adventure ini memiliki ukuran yang lebih ringkas dibandingkan MT-09 Tracer. Kehadirannya pun menggantikan Yamaha T7 Concept yang diperkenalkan tahun lalu.

Secara keseluruhan T7 Concept dan Tenere 700 World Raid Concept memiliki konsep sebagai seped motor dual-purpose yang bisa menjelajah di medan off road dan on road. Kemudian keduanya juga dibekali dengan konsep bobot yang ringan, bisa digunakan perjalanan jauh, dan mengambil tulang dari FZ-07.

Meski menggunakan basis FZ-07, di sektor rangka mendapatkan sejumlah perubahan. Mulai dari penggunaan bahan baja hingga peruabahan geometry untuk lebih menunjang aksi Tenere 700 World Raid Concept.

Kemudian di jantung pacu masih dibekali dengan mesin DOHC 689 cc dua silinder seperti yang digunakan MT-07. Mesin ini sanggup hentakan tenaga 73,7 daya kuda  di putaran 9.000 rpm dan torsi puncak 68 Nm di putaran 6.500 rpm.

Agar kuat disiksa, Yamaha membekali Tenere 700 World Raid Concept dengan suspensi depan USD dan monoshock yang mampu meredam getaran sangat baik. Kemudian untuk lampunya depannya dilengkapi dengan empat lampu proyektor LED.

Sedangkan berbicara desain, Yamaha menjelaskan sepeda konsep ini terinspirasi dari Rally Dakar. Sehingga sudah pas kalau Tenere 700 World Raid Concept disiksa di berbagai kondisi lintasan.


(UDA)