Motor Baru

Yamaha Star Eluder, Siap Saingi Honda Gold Wing

Ekawan Raharja    •    Senin, 11 Sep 2017 10:24 WIB
yamaha
Yamaha Star Eluder, Siap Saingi Honda Gold Wing
Yamaha membanderol Star Eluder dengan harga mulai dari USD22.499. Yamaha

Metrotvnews.com: Segmen sepeda motor touring memang tidak terlalu besar. Tetapi bukan berarti segmen ini tidak menarik untuk terus dikembangkan berbagai pabrikan.

Bahkan Yamaha pun juga tidak mau kalah dengan dengan menghadirkan Star Eluder. Sepeda motor bongsor ini menjadi sepeda motor bergaya touring terbaru, pengembangan dari Star Venture.

Secara keseluruhan, Star Eluder dikembangkan dengan basis yang sama dengan Star Venture. Hanya saja sejumlah perubahan dilakukan agar pengendara bisa lebih nyaman duduk berlama-lama di atas rival Honda Gold Wing tersebut.

Panel informasi di bagian depan didesain ulang, dan lebih didekatkan kepada pengendara. Kemudian tata letak boks belakang pun berubah, serta sandaran untuk penumpang dihilangkan.

Fitur yang ditawarkan Star Eluder tidak jauh berbeda dengan pendahulunya. Sepeda motor untuk perjalanan jauh ini masih dibekali dengan mode berkendara, kontrol traksi, sistem entertainment, dan jok penghangat. Bahkan Star Eluder juga sudah dilengkapi dengan koneksi bluetooth yang siap tersambung dengan gawai pengemudi.

Meski bobot Star Eluder mencapai 396 kilogram. Yamaha menjanjikan sepeda motor ini mudah untuk dikendalikan. Salah satunya berkat penggunaan mesin 1.854 cc V-Twin yang dibenamkan dengan torsi 170,8 Nm, dan dikombinasikan dengan gearbox 6-percepatan berteknologi multiplate assist dan slipper wet clutch.

Kombinasi keduanya dapat memberikan kecepatan maksimal 120 kilometer per jam (kpj) di putaran 2.750 rpm. Tentu saja putaran tenaga untuk mencapai kecepatan puncak masih terbilang rendah, sehingga kinerja mesin tidak terlalu berat dan efisien bahan bakar.

Tertarik meminangnya? Yamaha memasarkan Star Eluder dengan harga mulai dari USD22.499 atau mencapai Rp297 juta.


(UDA)