Motor Baru

Harga Address Playful dan New Nex Lebih Miring, Ini Alasan Suzuki

Ekawan Raharja    •    Sabtu, 10 Jun 2017 15:15 WIB
suzuki
Harga Address Playful dan New Nex Lebih Miring, Ini Alasan Suzuki
New Suzuki Address Playful dan New Nex, jadi andalan terbaru Suzuki di pasar nasional. MTVN/Ekawan Raharya

Metrotvnews.com, Jakarta: Suzuki baru saja meluncurkan Nex dan Address Playful di Jakarta Fair pada Jumat (9/6/2017). Perlu diakui bahwa kedua skutik ini dipasarkan dengan banderol yang lebih miring jika dibandingkan pesaingnya Yamaha Mio dan juga Honda BeAT.
 
Nex sebagai skutik di kelas entry level dihargai PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Rp12,6 juta. Sedangkan Address Playful yang berada di atasnya dihargai Rp15,2 juta. Keduanya menggunakan mesin berkapasitas 113 cc.
 
Jika melihat Yamaha, dua produk entry level mereka diisi oleh Mio M3 125 dan Mio Z. Kedunya di banderol dengan harga Rp15,2 juta dan Rp15,5 juta. Namun perlu diingat satu hal, kedua skuter produksi Pulogadung ini sudah menggunakan mesin 125 cc.
 
Berbeda lagi dengan Honda yang menawarkan Spacy dan BeAT sebagai dua skutik mereka paling murah. Kedua sepeda motor ini sama-sama berkapasitas 108 cc. Spacy di banderol dengan harga Rp14,525 juta dan BeAT mulai dari harga Rp15,2 juta hingga Rp16,2 juta.
 
Jika membandingkan penempatan harga produk, jelas Nex jauh di bawah Honda Spacy maupun Yamaha Mio. Lantas apa alasan Suzuki memberikan harga yang lebih miring dibandingkan kompetitornya?

"Kita sadar diri dan melihat kondisi yang ada saat ini. Kami tidak bisa memberikan harga seperti yang lain, jadi ini cara kita mendekatkan konsumen dengan menawarkan harga yang lebih miring," ujar 2W Managing Director PT SIS, Seiji Itayama, Jumat (9/6/2017) di sela-sela peluncuran Nex dan Adress.
 
Kondisi yang dimaksud Itayama-San adalah posisi Suzuki di data penjualan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia. Data menunjukan bahwa penjualan sepeda motor Suzuki jauh di bawah Honda dan Yamaha.
 
Jika melihat total penjualan sepeda motor baru di Indonesia pada 2016, total ada 5.631.285 unit sepeda motor yang terjual. Honda menjadi penjual terbanyak dengan pangsa pasar 73,86 persen. Disusul Yamaha dengan pangsa pasar 23,5 persen. Sedangkan Suzuki cuma memberikan kontribusi penjualan 0,95 persen dari total pasar.
 
Namun Itayama-San yakin bahwa Suzuki Indonesia akan bangkit di 2017, terlebih mereka mempunyai produk baru yakni GSX-R 150, GSX-S 150, Nex, dan Address. Mereka juga menargetkan penjualan mereka mencapai dua kali lipat dibandingkan pencapaian di 2016.

"Kita menargetkan penjualan selama satu tahun di 100 ribu unit. Tahun lalu hanya sekitar 50 ribu unit. Suzuki sudah mulai bangkit lagi," ucap pria asal Jepang yang cukup fasih berbahasa Indonesia itu.
 
Suzuki yakin Nex dan Address Playful dapat mencuri perhatian konsumen di Indonesia. Nex ditargetkan dapat terjual 1.000 unit per bulan dan Address Playful terjual 500 unit per bulan.
 
"Nex kami hadirkan sebagai sepeda motor basic, yang membutuhkan sepeda motor untuk keperluan sebagai transportasi. Sedangkan Address untuk anak-anak muda yang tampil energik, ceria, dan dinamis," beber Itayama.


(UDA)