Kendaraan Militer

MT-500, Harley Davidson yang Anti Bom

Ekawan Raharja    •    Minggu, 28 May 2017 09:05 WIB
harley davidson
MT-500, Harley Davidson yang Anti Bom
Harley Davidson MT-500 yang desainnya lain dari pada yang lain. silodrome/bonhams

Metrotvnews.com: Walau punya banyak varian dan desain berbeda-beda, ada semacam kesamaan yang jadi ciri khas semua produk Harley Davidson (HD). Tapi khusus untuk MT-500 garis merah tersebut seolah terputus begitu saja. Desainnya endro banget.

Melihat detail fiturnya, MT-500 ini memang diperuntukan khusus keperluan patroli pasukan militer gerak cepat. Tanki bahan bakarnya diapit jerrycan yang masing-masing untuk membawa bahan bakar dan air minum.

Di buritannya terdapat kotak penyimpan senapan serbu M16. Bentuknya memang seperti kedodoran, tapi keberadaan punuk itu agar prajurit tidak perlu mencopot teropong senapan. Bila kotak senapan ini dicopot, maka MT-500 lebih nyaman untuk berboncengan.



Rantai dan cakram depan-belakang diberikan cover alloy agar terhindar dari kemungkinan rusak parah akibat terantuk bebatuan yang bisa mengganggu misi tempur. Khas kendaraan militer, suspensinya sederhana saja, sepasang shockbreaker ulir di belakang dan fork telescopic di depan.

Mesin yang bertenaga juga sederhana sehingga mudah diperbaiki di tengah medan perang. Rotax 500 cc SOHC dengan empat katup dan berpendingin udara. Tak ada tombol start, hanya engkol kickstart.

Pada 1993 muncul varian bermesin 350 cc. Baik versi 500 cc dan 350 cc, kualitas metal mesinnya diklaim mampu menahan dampak ledakan bom. Namun tetap dilengkapi teralis yang melindungi mesin dari kerusakan bila jatuh menghantam batu.



Transmisi manualnya lima percepatan. Dua gigi pertama adalah super low yang sangat berguna ketika mendaki bukit curam serta melaju di lumpur pekat. Tapi konsekwensinya kecepatan puncak MT-500 tak melebihi 100 kilometer per jam, khas kendaraan offroad.

Harley Davidson memproduksi MT-500 pada 1984 bersama Armstrong-CCM Company untuk keperluan militer. Desain aslinya dibuat di Italia. Produk ini mereka buat sebagai bagian usaha mereka mendapatkan pesanan dari militer, terutama US Army.

Sayangnya usaha itu gagal. Hingga dihentikan produksinya pada 2000, tercatat hanya ada 500-an unit MT-500 yang pernah Harley Davidson buat. Militer yang memakainya secara terbatas adalah Inggris, Jordania dan Kanada.



Bila dahulu dijauhi, kini MT-500 justru dicari oleh para kolektor. Bila dalam kondisi utuh dan semua fiturnya berfungsi normal, produk Harley Davidson dengan desain nyolo wadi tersebut harganya ditaksir paling murah Rp 400 juta per unit.

Baca juga: Ini 'Tank' Tercepat dalam Perang Dunia II


 


(LHE)