Motor Listrik

Suzuki Rancang Motor Sport Bertenaga Listrik

Ekawan Raharja    •    Jumat, 07 Jul 2017 13:40 WIB
suzuki
Suzuki Rancang Motor Sport Bertenaga Listrik
Desain paten sepeda motor listrik milik Suzuki bocor di dunia maya. Visordown

Metrotvnews.com: Saat ini berbagai pabrikan otomotif, baik roda dua maupun roda empat, berlomba-lomba menghadirkan kendaraan yang ramah lingkungan. Divisi roda dua Suzuki pun juga memiliki visi ke sana, khususnya sepeda motor bertenaga listrik, dan terus mengembangkan sepeda motor ramah lingkungan.

Visordown baru-baru ini memuat sebuah sketsa rancang bangun milik Suzuki. Tim riset pabrikan asal Jerman ini sedang mencoba mengembangkan sepeda motor sport dengan berteknologi motor listrik.

Jika melihat desainnya, tim riset Suzuki banyak melakukan perubahan di sepeda motor yang digadang-gadang akan menjadi keluarga dari GSX Series. Mulai dari kerangka, body, hingga bentuk body-nya cukup berbeda dibandingkan GSX series yang ada saat ini.

Melihat mesinnya saja, rival Honda, Yamaha, dan Kawasaki ini memasang mesin dengan posisi bertumpu ke atas. Berbeda dengan sepeda motor biasanya yang posisi mesinnya melintang dari sasis.

Nantinya keluaran tenaga dari mesin bakal disalurkan ke roda belakang melalui transmisi 6-percepatan manual. Tentunya penggunanaan transmisi dengan banyak gear akan memberikan rentan penyaluran tenaga lebih rapat dan halus, serta tenaga tersalurkan pula dengan lebih baik.

Kemudian dari ukuran sasisnya dibuat lebih panjang. Sehingga sepeda motor ini memiliki ruang yang cukup untuk meletakkan baterai. Sayangnya sketsa paten ini tidak menunjukan spesifikasi baterai yang akan digunakan.

Menilik sketsanya juga, sektor body bakal tampil dengan gaya jadul. Bisa dilihat dari penggunaan buritan dengan model kotak dan pelek palang tiga. Jika melihat sketsa seperti ini, mengingatkan desain salah satu seri motor sport tenar mereka yaitu Suzuki RGR. Perlu diingat juga body hanya sekadar baju, desain bisa berubah untuk disesuaikan dengan kebutuhan.

Mengingat teknologi yang ditawarkan cukup maju, tampaknya Suzuki masih perlu waktu lama untuk merealisasikan sepeda motor sport ramah lingkungannya. Namun jika sewaktu-waktu tren sepeda motor listrik melonjak drastis, sketsa ini bisa dimanfaatkan.


(UDA)