Power Product

Potensi Power Product Besar, Yamaha Luncurkan Mesin MX Series

Ahmad Garuda    •    Sabtu, 24 Feb 2018 17:59 WIB
yamaha
Potensi Power Product Besar, Yamaha Luncurkan Mesin MX Series
Yamaha luncurkan power unit dengan perbaikan teknologi mesin. medcom.id/Ahmad Garuda

Jakarta: Segmentasi sepeda motor di pasar nasional, memang sangat ketat lantaran faktor aftersales dan kemudahan jangkauan, jadi hal terpenting yang dilihat konsumen. Tapi Yamaha tak ingin terkungkung di pasar sepeda motor saja. Terlebih setelah melihat pasar power product atau multi purposes engine, yang besar.

Sektor pertanian, perikanan dan kehutanan adalah sektor paling besar yang memanfaatkan teknologi power product ini atau mesin segala kegunaan tersebut. Mereka pun meluncurkan versi terbaru bernama MX Series dengan ragam kapasitas mesin.

"Potensi power product di pasar nasional sangat besar. Kita adalah negara maritim, namun juga punya potensi pertanian, pertambangan dan perkebunan yang sangat besar. Dengan MX Series ini, banyak perubahan dari versi MZ. Semuanya kami lakukan untuk alasan efisiensi yang besar. Karena mesin ini digunakan untuk segala macam kegunaan," klaim Supervisor Yamaha Power Product Department, Williy Susanto di Harris Hotel, Jakarta Utara pada Sabtu (24/2/2018).

Keunggulan yang dimaksudkan Willy, di antaranya adalah model piston baru (bentuk kurva V terbalik) atau Hemi Head, untuk memaksimalkan pembakaran. Sehingga konsumsi bahan bakar untuk power product ini bisa lebih efisien. Teknologi ini terdapat di kategori middle frame atau yang punya tenaga sebesar 8,7 daya kuda ke atas.

Sementara untuk large frame dengan tenaga mulai 12,8 dk, ada teknologi tambahan, yaitu dilengkapi dengan sistem penggerak piston secara direct. Posisi kruk as tak lagi berada sejajar dengan posisi piston. Namun dibuat offset, sehingga tak ada tenaga yang hilang atau tak ada jeda putaran untuk menonjok setang piston.

Tak heran jika Yamaha mengklaim bahwa MX Series bisa digunakan ke banyak jenis aplikasi. Seperti alat pertanian dan kehutanan yaitu mesin pemipil jagung, mesin perontok padi, mesin perontok sawit, mesin perajang serbaguna, mesin perajang rumput dan lain sebagainya. Bisa juga untuk perahu ketinting nelayan serta penggerak mesin Mixer Molen ukuran kecil.

”Kami berharap, dapat lebih membantu pekerjaan masyarakat di Indonesia di segala sektor, khususnya dan pertanian, perikanan serta kehutanan. Terlebih di era pemerintahan saat ini sektor- sektor ini mendapatkan perhatian lebih karena jadi penggerak utama perekonomian Indonesia,” sambung Manager Power Product PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Sahrial di momentum yang sama.

Meski pasar power product ini tak sebesar pasar sepeda motor, namun potensi yang cukup besar, membuat Yamaha bersemangat untuk bertarung di pasar ini. Sayangnya soal harga, brand dengan logo garpu tala ini, relatif lebih mahal dari produk Tiongkok yang menguasai pasar power unit di Indonesia. Tapi jaminan layanan aftersales dan garansi, mereka tak main-main.


(UDA)