Drag Bike

Drag Bike Harley-Davidson, Bangkit Usai Vakum 14 Tahun

Ainto Harry Budiawan    •    Minggu, 29 Oct 2017 18:43 WIB
balap motor
Drag Bike Harley-Davidson, Bangkit Usai Vakum 14 Tahun
Drag race moge kembali diadakan setelah 14 tahun. MTVN/ A. Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Bogor: Balap drag bike biasanya diikuti oleh pengguna motor bermesin kecil, kurang dari 500 cc. Tapi drag bike bertajuk 'Indonesia Big Bike Drag Race Championship 2017' (IBBDRC). Ratusan starter pengguna motor gede (moge) terutama Harley-Davidson adu cepat di trek 402 meter.

Kompetisi seperti ini terakhir diadakan 2004 silam, tak heran ketika kembali digelar, ratusan starter dari 23 klub dan komunitas moge antusias mengikuti balap yang diadakan di Lanud Rumpin, Bogor pada akhir pekan ini.

"Jumlah 150-an starter ini menjadi bukti kerinduan bikers setelah terakhir balap seperti ini diadakan 14 tahun lalu. Ini jadi seri pertama dan cukup ramai, saya harap seri berikutnya bisa lebih ramai lagi," kata Direktur Harley Owners Group Anak Elang Jakarta Chapter, Suherli.

Ia menambahkan, animo yang ditunjukkan juga menjadi ajang silahturahmi bikers. "Tidak cuma pemula senior pun ikut balapan. Melihat besarnya animo para dragster, bakal membuat mereka penikmat balap lurus ini bakal berpikir untuk turun diseri berkutnya," imbuhnya.

Karena balapan dengan motor bermesin besar, agak sulit mencari area trek lurus dengan panjang mencapai satu kilometer. "Kami sudah survei beberapa lokasi, kemayoran tidak bisa, Pondok Cabe juga, jadi lokasi ini yang pas," timpal Harry Wijayanto, dari Speed Lovers.

Rencananya IBBDRC akan berlangsung tujuh seri, satu seri 2017 ini, dan sisanya tahun 2018. Lokasinya akan berganti-ganti untuk mengakomodir peserta luar Jakarta, dan rencananya akan menghampiri Yogyakarta, Malang, Cirebon dan Medan.


(UDA)