Industri Otomotif

Tantangan Pemasaran Motor Listrik Belum Terjawab

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 02 Nov 2017 09:39 WIB
yamaha
Tantangan Pemasaran Motor Listrik Belum Terjawab
Motor listrik Yamaha masih akan disesuaikan untuk Indonesia. MTVN/ A. Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Yamaha Indonesia mulai melakukan tes pasar motor listrik untuk Indonesia. Mereka menggandeng empat institusi untuk mencoba motor listrik di kawasan internal mereka. Tapi banyak hal yang mereka pertimbangkan untuk memasarkannya saat ini.

Menurut Executive Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Dyonisius Bety, meyakinkan pihaknya sanggup memproduksi motor listrik saat ini juga. "Fasilitas produksi kita lengkap dan sanggup, tapi kita tidak mau gegabah," katanya kemarin di kawasan Kuningan, Jakarta.

Tak mau gegabah yang dimaksud adalah Yamaha ingin betul-betul motor listriknya kelak tak menyusahkan dan membahayakan penggunanya. "Ada sejumlah hal yang harus diperhatikan untuk motor listrik, meski banyak yang tertarik," lanjutnya.

Penyesuaian pertama adalah kota-kota besar kerap banjir. "Kita tidak mau pengguna kesetrum karena motor listrik dipakai melibas banjir. Kalau motor biasa paling mogok, ini yang bahaya," katanya.

Lalu motor listrik tanpa suara dan bisa melaju dalam kecepatan tinggi. Hal ini berbahaya karena pengguna jalan lainnya tak mengetahui kehadiran motor listrik, kecuali jika sempat melihatnya.

Kemudian adalah pengolahan limbah baterai lithium ion yang digunakan. "Baterai yang rusak tidak bisa diperbaiki, dan harus ganti baru, nah limbah baterai ini penanganannya beda agar tak mencemari tanah dan air," pungkasnya.


(UDA)