Industri Otomotif

KTM Semakin Dekat Akuisisi Ducati

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 24 Jul 2017 19:40 WIB
ducati
KTM Semakin Dekat Akuisisi Ducati
Ducati dan KTM kelak akan berkolaborasi jika jadi dibeli Bajaj Auto. Youtube

Metrotvnews.com: Volkswagen AG harus segera menutup kerugian akibat skandal dieselgate yang menyerang mereka 2015 lalu. Pabrikan mobil raksasa asal Jerman itu harus mengganti bahkan membeli kembali mobil yang terlibat skandal emisi mesin diesel itu.

Efeknya tentu saja keuangan mereka yang memburuk, dan salah satu cara untuk mengatasinya dengan menjual aset mereka. Salah satu aset tersebut adalah Ducati, brand motor asal Italia.

Sejak kabar ini berhembus, sudah banyak pihak yang disebut-sebut berniat membeli Ducati dari Volkswagen AG seperti Edizione Holding, Bain Capital, Harley-Davidson, Eicher Motor hingga Bajaj Auto.

Kini giliran nama KTM, yang disebutkan Economic Times hampir mendekati kata sepakat untuk mengakuisisi Ducati. Bajaj Auto akan gelontorkan dana 198,1 juta euro, atau lebih dari Rp3 triliun, untuk memiliki 47,99 saham.

Rajiv Bajaj, petinggi Bajaj Auto mengatakan pihaknya semakin dekat untuk mencapai kata sepakat. "Kami sangat dekat untuk mengakhiri ini semua, dan menjadi aliansi," katanya.

Ducati sendiri jadi merek yang bernaung dibawah Volkswagen AG sejak Juli 2012 dan menjadi salah satu brand premium mereka. Dan jika kelak resmi dibeli Bajaj Auto, apakah Ducati akan main motor bermesin kecil juga?


(UDA)