Teknologi Otomotif

Feher Ciptakan Helm Motor Berpendingin Udara

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 24 Aug 2018 10:58 WIB
teknologi otomotif
Feher Ciptakan Helm Motor Berpendingin Udara
Helm ber-A Feher ACH-1 untuk pengendara sepeda motor. Carscoops

Amerika Serikat: Bagi para biker, panas dan kepala berkeringat saat menggunakan helm adalah hal yang sangat menganggu dan membuat berkendara menjadi tidak nyaman. Bahkan helm yang basah karena keringat bisa jadi sarang kuman dan menimbulkan penyakit.

Dilansir Autoevolution, untuk mengatasi masalah tersebut, produsen helm Feher menghadirkan helm ber-AC untuk pengendara sepeda motor. Sang penemu, Steve Feher mengatakan, helm ber-AC yang diberi nama Feher ACH-1 itu adalah mimpi menjadi kenyataan, yang sejak tahun lalu Ia kembangkan dan kini siap untuk dipasarkan. 

AC pada helm Feher ACH-1 dioperasikan menggunakan baterai sepeda motor, yang terhubung melalui kabel dengan sakelar pemutus arus. Tersedia juga baterai built-in yang dapat dibeli secara terpisah.

Menurut Feher, cara kerja AC pada helm ACH-1 untuk mendinginkan bagian dalam helm, hampir sama dengan yang digunakan untuk mendinginkan kursi di mobil. Teknologinya disebut features a convection apparatus/fitur aparatus konveksi yang terletak di bagian belakang helm, mengubah udara panas menjadi udara dingin dan kemudian mengirimkannya di dalam helm, di bagian atas kepala.

Menurut spesifikasi yang diberikan oleh Feher, suhu interior di helm bisa didinginkan sebanyak 10-15 derajat dari suhu lingkungan.

"Perbedaan suhu itu akan lebih signifikan dalam suhu yang lebih tinggi dan bisa sampai 
sepuluh hingga lima belas derajat lebih dingin. Menjaga kepala Anda lebih dingin dan 
membuat tubuh serta perjalanan Anda lebih nyaman dalam kondisi cuaca panas, dibanding 
berkendara menggunakan helm biasa Anda," kata Feher, seperti dirilis Autoevolution.

Feher mengatakan, ACH-1 telah memenuhi standar keselamatan helm DOT FMVSS 218 dan ECE 22.05 AS. Beratnya 1.450 gram dan dilengkapi dengan pelindung wajah anti gores dan anti-kabut. Helm Feher ACH-1 saat ini dijual melalui situs web resmi, seharga USD599 atau sekitar Rp8,9 juta. Tertarik!.


(UDA)