klub dan Komunitas

Komunitas Motor Ditantang Adu Irit BBM

M. Bagus Rachmanto    •    Sabtu, 19 Nov 2016 17:07 WIB
klub motor
Komunitas Motor Ditantang Adu Irit BBM
Tantangan adu irit Pertalite Beat Otomotif Record. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Upaya penghematan energi atau Bahan Bakar Minyak (BBM) terus dilakukan di industri otomotif. Namun, hal ini juga perlu didukung oleh ketersediaan dan penggunaan BBM yang lebih ramah lingkungan. Termasuk perilaku cerdas berkendara.

Berkaitan dengan hal tersebut, Pertalite Beat Otomotif Record menantang komunitas pencinta otomotif untuk menglahkan rekor konsumsi hemat BBM yang dicatatkan oleh penyelenggara. Acara ini memperebutkan hadiah uang tunai senilai total Rp10 juta.

Jakarta Max Owners (JMO), Honda Beat Injeksi Jakarta (HBIJ), Yamaha Music Vixion Club (YMVC) dan Honda Supra Depok (CHSD) ikut serta dalam tantangan ini. Total, kegiatan ini diikuti 20 peserta dari perwakilan 4 komunitas.

Parameter penilaian menggunakan metode Full To Full Pertalite yang memiliki Research Octane Number (RON) 90. Selain itu, peserta juga harus menyelesaikan jarak tempuh sekitar 33 kilometer dengan rute SPBU MT Haryono-Tebet-Jakarta Selatan-Gatot Subroto-Semanggi-Grogol-Jembatan Besi, Jakarta Barat, dan kembali finis di SPBU MT Haryono.

"Komunitas yang terpilih yang menggunakan motor, skutik, dan bebek. Honda BeAT dan Honda Supra X 125 mewakili motor berkapasitas mesin 110 dan 125 cc. Sedang skutik Yamaha NMAX dan motor sport Yamaha V-Ixion jadi mewakili motor 150 cc," jelas Marcomm Otomotif, Lexi Pattisina, di Jakarta, Sabtu (19/11/2016).

Kegiatan ini diklaim sebagai ajang untuk mengedukasi para bikers tentang cara pakai sepeda motor yang efisien. Termasuk penggunaan bahan bakar yang berkualitas yang dapat memperpanjang umur mesin.

Menurut ahli otomotif dan bahan bakar, Tri Yuswidjajanto, metode penilaian yang digunakan memang bukan yang paling valid. Namun ia merasa tetap dapat dijadikan pembanding. Sebab jika ingin menghasilkan data secara valid harus menggunakan uji lab dengan standar pengujian internasional.

Pemenang Pertalite Beat Otomotif Record 2016:

1. Ezha, Honda Beat Injeksi Jakarta, 72,92 km/liter
2. Agung, Club Honda Supra Depok, 77,1 km/liter
2. Sunasi, Jakarta MAx Owners, 50 km/liter
4. Jahuri, Yamaha Musik Vixion Club, 55 km/liter

Rekor Pertalite Beat Otomotif Record yang harus dipecahkan:

-Honda BeaT: 68.08 km/liter
-Honda Supra X125 FI: 71.9 km/liter
-Yamaha NMAX: 51.6 km/liter
-Yamaha V-Ixion: 64.7 km/liter

 


(HIL)