Teknologi Otomotif

KTM Sukses Kembangkan Mesin 2-tak Euro4

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 20 Mar 2017 14:23 WIB
ktm
KTM Sukses Kembangkan Mesin 2-tak Euro4
Mesin 2-tak KTM berstandar Euro4 digunakan pada model 2018. New Atlas

Metrotvnews.com: Motor bermesin 2-tak sudah cukup lama discontinued, mesin ini dianggap tak ramah lingkungan. Di Eropa, mesin ini sudah tak akan mampu melewati batas standar Euro4 yang sudah diterapkan untuk sepeda motor.

Tapi pabrikan motor asal Austria, KTM, identik dengan mesin jenis ini khususnya untuk motor trail buatannya. Tak habis akal, mereka pun mengembangkan mesin 2-tak yang lolos standar Euro4.

Dituliskan Advrider, pabrikan identik warna orange ini akan memasangkan pada model 2018. Mesin ini akan berkapastas 250cc, dengan dilengkapi injeksi bahan bakar. Motor ini rencananya akan dipresentasikan pada Juni 2017 mendatang. Mesin ini akan digunakan pada model EXC, XC dan XC-W.

Dengan kontrol injeksi, semprotan bahan bakar akan diatur secara elektronik pada lubang masuk ruang bakar. Disatu sisi, pelumas (oli samping) akan menyesuaikan semprotan bahan bakar, sehingga hasil pembakaran bisa lebih ramah lingkungan.

Newatlas menuliskan sebagian pabrikan motor Eropa seperti Husqvarna, Beta, KTM dan Gas Gas punya inti produk bermesin 2-tak. Sejak 1990-an mesin ini seperti dikebiri, penggunaannya terbatas pada area dan peruntukan tertentu.

Permasalahan akan muncul kemudian saat Eropa akan menerapkan standar Euro5 pada 2020 mendatang. Tapi rasanya pabrikan-pabrikan motor akan terus mengembangkan teknologi baru, terlebih mereka dipenuhi insinyur mesin kelas dunia.


(GUS)