Industri Otomotif

Yamaha Vietnam Segera Suntik Mati Nouvo

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 13 Oct 2016 07:45 WIB
yamaha
Yamaha Vietnam Segera Suntik Mati Nouvo
Nouvo akan segera digantikan oleh NVX. Autopro

Metrotvnews.com: Nouvo bisa dibilang jadi pelopor kehadiran skutik asal Jepang di Indonesia, meski bukan yang pertama. Skutik ini memang sudah sejak medio 2000-an tak lagi dijual di Indonesia, tapi disejumlah negara, salah satunya Vietnam, masih dijual sampai saat ini.

Tak heran skutik mania di Indonesia sampai ada yang membelinya langsung lewat importir umum. Nouvo jadi incaran lantaran berbodi besar, desain unik dan sporty jadi daya tarik, meski harga jualnya cukup tinggi, dikisaran Rp30 jutaan.

Tapi Yamaha Vietnam yang sampai saat ini masih menjual skutik tersebut, tak lama lagi justru bakal mematikan Nouvo, dan akan menggantinya dengan model baru tahun ini. Dituliskan Zing.vn, Yamaha Vietnam mengatakan tak akan ada lagi versi baru dari Nouvo dimasa mendatang.

Sejak dikenalkan 2002 silam di Vietnam, skutik ini sudah terjual sebanyak 1,2 juta unit. Di segmennya, Nouvo bersaing ketat dengan Honda Airblade, yang muncul lima tahun setelah Nouvo.

Enam tahun belakangan, penjualan Nouvo terus menurun, 2010 berhasil terjual 160 ribu unit, lalu 2013 menjadi hanya 90 ribu unit. 2014 dan 2015 kembali turun diangka 50 ribu unit saja. Sedangkan delapan bulan 2016 ini, baru 23 ribu unit terjual.

Lalu apa penggantinya? Tentunya NVX, skutik ini sudah dipamerkan oleh Yamaha Vietnam beberapa waktu lalu meski tak melihatkan fisiknya secara gamblang. Mengusung desain serba tajam, skutik berjargon Supersport Scooter ini telah usung teknologi terkini dan bermesin Blue Core.

Menariknya NVX juga bakal hadir di Indonesia, dan gelaran IMOS 2016 akan jadi lokasi kemunculannya. Ditunggu ulasan kami tentang motor ini ya.


(UDA)