Safety Riding

Kecelakaan Lalu Lintas Masih Didominasi Remaja

Ekawan Raharja    •    Jumat, 06 Oct 2017 11:08 WIB
safety riding
Kecelakaan Lalu Lintas Masih Didominasi Remaja
Remaja menjadi penyumbang terbanyak angka kecelakaan di jalanan, ANTARA/Nyoman Budhiana/ip

Metrotvnews.com: Angka kecelakaan di Indonesia terbilang masih tinggi. Bahkan dalam periode Januari sampai Mei 2017, sudah terjadi 37.204 kejadian kecelakaan lalu lintas di seluruh Indonesia. Ini menjadi indikasi bahwa kesadaran berlalu lintas yang aman di jalan raya masih sangat kurang, khususnya di kalangan remaja.

Jika dirinci berdasarkan rentan usia, remaja merupakan korban yang paling banyak. Khususnya di umur 15-24 tahun banyak mengalami kecelakaan dan tercatat 17 ribu lebih terlibat kasus kecelakaan lalu lintas.

Menurut daya yang diberikan oleh Kasi Kemitraan Subdit Dikmas Ditkamsel Korlantas Kepolisian Republik Indonesia, AKBP Aldo Siahaan, merinci sudah ada sembilan ribu nyawa lebih yang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas. Kemudian 6.357 orang mengalami luka berat, dan 44.157 orang mengalami luka ringan.

"Bahkan data dari WHO menyebutkan tiap jamnya di Indonesia, 3 nyawa hilang akibat kecelakaan," ujarnya beberapa waktu lalu.

Sedangkan melihat waktu kejadian, kecelakaan memang bisa terjadi kapan saja. Tetapi jam-jam kerja justru mendominasi waktu kecelakaan, yakni mulai pukul enam pagi hingga enam petang.

AKBP Aldo Siahaan juga memperingatkan kepada masyarakat Indonesia, khususnya para remaja, untuk lebih tertib berlalu lintas. "Untuk remaja jangan terlalu cepat panas jika misalkan ada yang mengajak kebut-kebutan di jalan raya."


(UDA)