Motor Baru

V-Ixion dan V-Ixion R, Beda Segmen Pasar

Ahmad Garuda    •    Minggu, 09 Jul 2017 20:00 WIB
yamaha
V-Ixion dan V-Ixion R, Beda Segmen Pasar
New V-Ixion dan New V-Ixion R punya target market yang berbeda. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, Jakarta: Yamaha tidak berhenti melakukan terobosan terbaru, bukan hanya dari sisi teknologi motor, namun juga dari sisi pemasaran. Peluncuran dua motor anyar mereka di ajang pameran otomotif IIMS pada April lalu (New V-Ixion dan New V-Ixion R) menjadi jawaban dari penantian panjang para penggemar street bike itu.

Mengingat kedua produk ini punya spek yang cukup jauh berbeda dari sisi teknologi mesin, keduanya tentu menargetkan segmentasi pasar yang berbeda pula. Hal ini ditegaskan langsung oleh GM Service & Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Muhammad Abidin, usai peluncuran corak baru Movistar MotoGP untuk 5 tipe.

"Memang banyak yang sudah tidak sabar menunggu, kapan harga New V-Ixion R keluar. Tapi segmentasinya jelas sangat berbeda. Kami memprediksi, orang-orang yang menunggu V-Ixion R ini adalah mereka yang sebelumnya sudah naik V-Ixion tapi penasaran dengan tenaga dan performa versi R," klaim Abidin.

Makanya mereka, lanjut Abidin, rela menunggu kapan seri tertingginya resmi keluar harganya. "Ini wajar, karena teknologi mesin sudah setara dengan Yamaha R15 terbaru berteknologi VVA dan dilengkapi dengan assist & slipper clutch."

Sementara untuk versi New V-Ixion saja, mereka memprediksi bakal jadi motor untuk konsumen yang memang ingin naik kelas ke motor sport. Konsumen ini sebelumnya pakai motor bebek atau motor matic, inilah yang nanti akan jadi pemakainya.

Lebih jauh tentang kedua motor tersebut, memang sengaja dibuat ada perbedaan. Lantaran pengguna sepeda motor saat ini juga ingin ada versi high performance di tiap lini produk. Ditambah lagi, Yamaha memang punya mesin baru yang bisa mereka jadikan basis pengembangan versi performa tinggi New V-Ixion


(UDA)