Motor Listrik

Ural Pamer Motor Listrik Dilengkapi Sespan

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 13 Nov 2018 16:11 WIB
motor listrik
Ural Pamer Motor Listrik Dilengkapi Sespan
Motor listrik Ural dengan spesialisasi tambahan sespan. HiConsumption

Amerika Serikat: Di industri otomotif, sepeda motor saat ini sedang mengalami perubahan atau peralihan tren seperti kendaraan roda empat atau mobil, yakni pergeseran dari mesin konvensional ke mobilitas listrik.

Beberapa diantaranya yang menjadi sorotan adalah Harley-Davidson. Terbaru adalah sepeda motor asal Rusia, Ural yang pekan lalu mengumumkan sepeda motor listrik sespan pertama di dunia.

Sayangnya konsep yang belum disebutkan namanya saat ini hanyalah prototipe, yang rencananya bakal ditampilkan di pameran sepeda motor Progressive Motorcycle Show di Long Beach, California, Amerika Serikat (AS), akhir minggu ini.

Dikatakan, sepeda motor ini dirancang oleh perusahaan yang berbasis di California, ICG, menggunakan chassis URU satu roda penggerak cT dan drivetrain listrik yang bersumber dari Zero Motorcycles, termasuk motor, baterai, dan pengontrol.

“Kami tahu bahwa sespan kami adalah platform yang sempurna untuk membangun sepeda motor listrik, karena dapat menawarkan apa yang biasa dilakukan oleh sepeda motor roda dua. Kenyamanan, stabilitas dan keamanan penumpang, belum lagi lebih banyak ruang untuk baterai,” kata Ural dalam pernyataan seperti dirilis Autoevolution.

Belum banyak bocoran informasi tentang pertunjukan motor yang dirilis, selain fakta bahwa akselerasinya motor yang diklaim sangat cepat. Sayangnya banyak yang beranggapan ini hanya merupakan bukti konsep, dan Ural mengatakan tidak memiliki rencana untuk benar-benar memproduksi motor ini, dan hanya akan mengambil keputusan setelah riset pasar menyeluruh.

Jika memutuskan untuk mengubah sespan listrik ini menjadi versi produksi, Ural mengatakan akan memakan waktu sekitar dua tahun dari persetujuan desain ke awal perakitan. Itu berarti perusahaan baru akan memutuskan untuk membangunnya pada 2021.


(UDA)