Tips Knowledge

Ini Perbedaan ABS Satu Channel dan Dua Channel

Ekawan Raharja    •    Rabu, 14 Nov 2018 10:19 WIB
tips knowledgebosch
Ini Perbedaan ABS Satu Channel dan Dua Channel
Rata-rata sepeda motor berukuran kecil di Indonesia menggunakan ABS satu channel untuk rem depan. Medcom.id/Ekawan Raharja

Karawang: Beberapa sepeda motor saat ini sudah menggunakan fitur anti-lock braking system (ABS). Fitur ini pun berkembang dari waktu ke waktu, dari model satu channel dan ada yang dua channel.

Project Manager, Chassis System Control Bosch Malaysia, John Chong, menjelaskan secara keseluruhan kerja ABS satu channel dan dua channel memiliki fungsi dan performa yang sama. Hanya saja ABS yang dua channel digunakan untuk sepeda motor yang memiliki sistem rem cakram lebih dari satu.

"Untuk ABS satu channel digunakan untuk rem depan yang menggunakan cakram. Kemudian ada beberapa sepeda motor yang menggunakan rem cakram depan dan belakang, maka menggunakan ABS dua channel," terang John kepada Medcom.id di sela-sela ASEAN Automobile Safety Forum 2018 pada Selasa (13/11/2018) di Karawang Jawa Barat.

Cara bekerja sensor ABS untuk dua channel adalah penempatan sensor ABS di cakram roda depan dan belakang. Kemudian sensor ini akan mengirimkan informasi ke modul yang sudah disematkan. Nanti modul ini akan memerintahkan pompa rem memberikan tekanan yang cukup untuk setiap rem di depan dan belakang.

John juga menjelaskan ABS ini merupakan fitur keselamatan aktif. Diharapkan dengan adanya ABS ini bisa menekan angka kecelakaan di jalan raya.

"Dengan adanya ABS roda tidak akan terkunci karena rem. Sehingga pengendara masih memiliki kontrol kepada sepeda motor untuk bisa bergerak menghindari objek yang ada di depan."


(UDA)