Industri Otomotif

Harley-Davidson Segera Buka Pabrik di Thailand

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 26 May 2017 17:24 WIB
harley-davidson
Harley-Davidson Segera Buka Pabrik di Thailand
Harley-Davidson akan fokus pada pasasr Asia dan Cina. Autoevolution

Metrotvnews.com: Populasi negara Asia yang terus berkembang dan pasar roda dua yang sangat potensial, 'memaksa' Harley-Davidson untuk membuka pabrik di kawasan ini. Bukan Indonesia, namun Thailand yang akan jadi lokasi pabrik motor asal Amerika Serikat ini.

Harley-Davidson Inc. lewat Relations Manager, Katie Whitmore mengatakan, minggu ini akan mulai membangun pabrik mereka di Thailand, sebagai penghubung pasar Asia dan akan membuat pasar lebih responsif dan kompetitif di wilayah ASEAN dan Cina.

Langkah ini juga dilakukan untuk menekan pajak impor yang tinggi di Thailand. Dengan pabrik ini, bea masuk ke negara tetangga Thailand juga akan lebih murah karena adanya perjanjian kerjasama antar negara ASEAN.

Pabrik tersebut bakal merakit motor model terbaru, yang komponen-komponennya terpisah menjadi motor utuh. Tentunya komponen-komponen ini masih dibuat dan diimpor dari Amerika Serikat. Motor tersebut diklaim akan tetap sama dari sisi tampilan, suara dan feeling berkendara khas Harley-Davidson.

Saat ini pabrikan yang dikenal dengan motor-motor cruiser itu sudah punya dua pabrik di luar Amerika, yakni di Brazil dan India. Motor yang dirakit di Thailand akan difokuskan untuk pasar Cina dan Asia Tenggara, sesuai dengan rencana pertumbuhan pasar internasional mereka.

Untuk mencapai target ini, bakal ada 100 model baru hingga 2027. Mengingat Indonesia yang dekat dengan Thailand, rasanya tinggal menunggu waktu motor Harley-Davidson rakitan Thailand dijual di sini.


(UDA)