Teknologi Otomotif

Mazda Patenkan Mesin Sequential Twin-Turbo

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 13 Dec 2017 13:22 WIB
mazda
Mazda Patenkan Mesin Sequential Twin-Turbo
Mazda banyak kembangkan teknologi untuk mesin pembakaran dalam. The News Wheel

Hiroshima: Saat pabrikan mobil lain mengembangkan mobil hybrid dan listrik, Mazda tetap dengan mobil bermesin pembakaran dalam. Tapi bukan berarti mereka diam saja, pabrikan berlogo burung camar ini terus melakukan terobosan.

Salah satu contohnya adalah mesin tanpa busi, yang akan dipasang pada mobil-mobil mereka. Kini mereka pun mengembangkan mesin dengan turbo, namun bukanlah mesin turbo biasa.

Mesin turbo ini menggunakan sequential twin-turbo yang disebut punya sejumlah kelebihan dibanding mesin turbo biasa. Di sequential turbo ini, salah satu ukuran ruang keongnya lebih kecil.

Turbo yang kecil ini berfungsi untuk memampatkan udara lebih awal di putaran rendah. Lalu turbo satunya yang berdimensi lebih besar bertugas untuk putaran mesin tinggi.

Efeknya tenaga dan torsi mesin akan merata di tiap putaran. Hal ini lebih baik ketimbang twin-turbo biasa yang justru membuat peak power berada di putaran tinggi saja. Efek lainnya, gejala turbo lag berkurang drastis.

Teknologi ini bukan hal baru untuk Mazda, karena teknologi serupa pernah terpasang di Mazda RX-7 racikan 1993-1995. Namun untuk paten terbaru ini, ada banyak perbedaan.


(UDA)