Supersport 300 CIV

Tanpa Autotune, Masalah Elpratna di Race-2

Ahmad Garuda    •    Senin, 09 Apr 2018 09:40 WIB
balap motorpembalap nasionalimanuel pratna
Tanpa Autotune, Masalah Elpratna di Race-2
Imanuel Putra Pratna mengalami masalah teknis tanpa komponen Autotune di race 2 CIV. TerraeMoto

Misano: Laga Imanuel Putra Pratna di seri perdana ajang balap Campionato Italiano Velocita (CIV) kelas Supersport 300, dirundung masalah. Selain karena melakukan kesalahan di race pertama yang berlangsung pada Sabtu (7/4/2018), masalah yang terjadi sehari sebelumnya, malah berdampak ke sesi race kedua pada Minggu (8/4).

Komponen Autotune yang merupakan bagian dari engine control unit (ECU) di motornya, harus dicabut karena tak cocok dengan perangkat lunak yang diberikan fdederasi balap Italia. Akibatnya pulse motor terbakar dan dua dari pembalap Terra e Moto termasuk tunggangan Elpratna terdampak.

"Akhirnya kami memutuskan tak pakai komponen Autotune. Sebenarnya tak ada masalah saat digunakan balap pada kondisi temperatur trek dingin, motornya masih sangat enak. Termasuk di race pertama. Sayangnya saat race kedua yang jadwalnya  ada di siang hari, ini jadi masalah besar. Performa motor jadi drop dan tak nyaman digunakan. Sebenarnya bisa dipaksa, tapi kemungkinan terjatuh cukup besar," cerita Elpratna kepada Medcom.id melalui pesan singkatnya seusai balap di Misano.

Dikutip dari Elpratna.com, imbas masalah yang terjadi di race kedua adalah soal temperatur. "Jadi motor itu kita bilang kekeringan karena tidak dikawal Autotune yang membaca kondisi sekitar."

Elpratna yang sempat menusuk ke urutan 11 pada lap ke-5, mengatakan ada sesuatu yang aneh di motornya. Namun Ia tetap memaksakan performa dan agar tetap bisa mencapai garis finis.

Ia pun berharap masalah ini tak terjadi lagi di seri berikutnya. Namun khusus untuk laga di World Supersport 300, Ia memprediksi takkan terjadi masalah serupa. Mengingat di WSSP300, mempunyai regulasi yang sedikit berbeda. Yaitu memperbolehkan mapping ECU.



(UDA)