Teknologi Otomotif

Harley-Davidson Kembangkan Sistem Pengereman Otomatis

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 16 Aug 2018 13:17 WIB
harley-davidson
Harley-Davidson Kembangkan Sistem Pengereman Otomatis
Paten sistem rem otomatis ini sudah keluar. Visordown

Milwaukee: Pengereman otomatis biasanya terdapat pada mobil sebagai salah satu fitur keselamatan. Perlahan namun pasti, sejumlah pabrikan motor pun sedang mengembangkan piranti serupa.

Salah satunya adalah Harley-Davidson (HD). Merek motor asal Amerika Serikat ini bahkan sudah mematenkan desain piranti tersebut. Sistem ini sendiri mampu mendetekai sebuah kejadian di depannya, dan akan mengaktifkan pengereman.

Ada tiga komponen utama sebagai pendukung fitur ini, yakni kamera, radar dan sensor. Jika komputer mengkalkulasi akan terjadi kecelakaan, maka rem akan aktif secara otomatis. Motor pun akan berhenti.

Jika sistem ini pada mobil bisa langsung aktif, maka pada motor tak begitu bila menemukan potensi kecelakaan. Sensor akan memastikan dulu posisi duduk pengendara, kedua tangan memegang setang dan pandangan kedepan.

Hal ini dilakukan agar pengendara tak kaget saat sistem ini aktif, yang justru bisa mengembabkan pengendara terjatuh. Sejauh ini sistem tersebut masih dalam tahap pengembangan.

Sebelumnya sudah ada Ducati yang juga mengembangkan sistem keselatan serupa. Ducati sendiri menggandeng Bosch, sebuah perusahaan teknologi untuk membuatkan sensor-sensornya.


(UDA)