Motor Paling Banyak Menunggak Pajak Kendaraan

Farhan Dwitama    •    Selasa, 12 Sep 2017 14:57 WIB
pajak kendaraan
Motor Paling Banyak Menunggak Pajak Kendaraan
Petugas kepolisian melakukan razia kendaraan bermotor. Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya

Metrotvnews.com, Tangerang: Polri meluncurkan sistem pembayaran pajak kendaraan online di tujuh provinsi untuk mempermudah masyarakat. Program ini diluncurkan karena masih banyak wajib pajak yang menunggak.

Hal ini memang nyata di lapangan. Misalnya di Samsat Ciputat, Kota Tangerang Selatan, wajib pajak yang menunggak mencapai 40 persen. Jumlah tersebut didominasi oleh kendaraan roda dua yang mencapai 118 ribu lebih.

"Total yang melakukan tunggakan PKB ada sekitar 218 ribu, dan 118 ribu di antaranya roda dua," ungkap Kepala Unit Pelayanan Teknis Samsat Ciputat, Sutirja, Selasa 12 Septeber 2017.

(Baca: Polri buat Samsat Online di 7 Provinsi)

Dia mengaku, Samsat Ciputat terus berupaya meningkatkan pendapatan daerah dari pajak kendaraan. Namun selama ini cara yang paling efektif hanya lewat razia bersama kepolisian.

Jumah Wajib Pajak (WP) di Samsat Ciputat memang banyak, sekitar 500 ribu kendaraan. Hal itu juga disebutkannya terjadi di sejumlah Samsat yang masih di bawah kewenangan Polda Metro Jaya. Penunggak pajak pun tidak akan jauh berbeda.

Dia berharap, layanan pengurusan pajak kendaraan bermotor dan bea lainya secara elektronik mampu membuat para wajib pajak taat membayarkan kewajibannya. "Pelayanan kepada masyarakat semakin meningkat dan mempermudah masyarakat membayarkan pajak kendaraanya dimana pun," kata Sutirja.

(Baca juga: Cara Bayar Pajak Kendaraan via E-Samsat)


(SUR)