Motor Baru

Perubahan Besar YZF-R6 2017 Kental Aura YZR-M1

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 14 Oct 2016 10:00 WIB
yamaha
Perubahan Besar YZF-R6 2017 Kental Aura YZR-M1
Sayangnya tak diikuti perubahan mesin dan sasis. Asphaltandrubber

Metrotvnews.com: Alih-alih tampil di gelaran Intermot di Cologne, Jerman, Yamaha justru merilis supersport terbaru di AIMExpo, Florida, Amerika Serikat, Kamis 13 Oktober waktu setempat. Motor kelas menengah ini mendapat perhatian ekstra karena memiliki perubahan besar.

Perubahan itu mencangkup desain yang kini sangat mirip dengan kuda besi pabrikan garputala YZR-M1. Hal itu terlihat di airscoop besar di depan fairing. Uniknya, lampu LED ganda justru mirip "sang kakak", yakni YZF-R1 yang memiliki positioning lamp seperti alis.

Motor ini juga mendapatkan paket suspensi baru dari KYB, rem dengan Anti-lock Braking System (ABS), mode berkendara dengan ride by wire, traction contol system, dan quickshifter yang hadir sebagai opsional saja.

Sasis dan mesin masih menggunakan basis yang sama dengan versi sebelumnya yang sudah hadir sejak 2006. Tapi, bagian sub-frame dibuat 20 persen lebih maju. Dengan begitu motor lebih aerodinamis karena pengendara lebih dekat dengan tangki bahan bakar. 

(Baca juga: Main Tanah dengan BMW R nineT Scrambler)

Sumber penggeraknya berkapasitas 599cc, DOHC, empat silinder segaris dengan rasio kompresi 13,1:1. Anehnya, perubahan besar ini tak diikuti dengan penggunaan mesin dan sasis baru. (Asphaltandrubber)

 


(HIL)