Komponen Otomotif

Ban Berteknologi MotoGP Mulai Dipasarkan

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 18 May 2016 11:40 WIB
michelin
Ban Berteknologi MotoGP Mulai Dipasarkan
Ban Michelin Pilot Power 3 dengan logo resmi MotoGP. Dorna

Metrotvnews.com: Tidak sedikit orang yang mengagumi bagaimana teknologi ban di MotoGP memberikan tingkat grip yang begitu besar, sehingga tingkat kemiringan pembalap saat menikung bisa mencapai sudur kemiringan 60 derajat dari titik tegak. Untuk melakukannya dengan ban reguler, pastinya tidak akan bisa, karena ada beberapa faktor yang dipertimbangkan termasuk safety.

Namun terdapat beberapa teknologi yang bisa diaplikasikan pada ban reguler yang berhubungan dengan safety. Yaitu tingkat grip lebih baik, lalu durabilitas yang juga lebih bagus. Seperti yang dilakukan Michelin yang akhirnya kembali ke ajang balap MotoGP sebagai suplier ban resmi yang baru. Michelin merilis ban edisi terbatas. Pengenalan ban edisi terbatas ini dilakukan saat seri MotoGP di Le Mans beberapa waktu lalu.

Dari rilis yang diterima hari ini (18/5/2016), Michelin tidak membuat ban model baru, namun mengembangkan dari model yang sudah ada, yakni Pilot Power 3 MotoGP Ltd Edition, yang akan mulai dipasarkan pada 1 Juni, sayangnya hanya khusus wilayah Eropa saja.

"Dengan ban edisi terbatas ini, Michelin menawarkan konsumen kesempatan untuk lebih dekat dengan ajang balap motor paling bergengsi, MotoGP," kata Michelin President 2-wheel Tyre Division, Gary Guthrie. 

Sebanyak 5.000 pasang ban dengan logo resmi MotoGP pada dinding ban akan disiapkan. Ban ini sendiri tersedia dalam ukuran 120/70ZR17 dan 180/55ZR17, yang pas untuk beberapa motor tipe sport, berkapasitas mesin besar.

"Ini kolaborasi yang baik antara Dorna dan Michelin, dengan kehadiran ban ini pengendara sepeda motor dapat merasakan teknologi MotoGP. Penggemar juga bisa merasakan pengalaman mengasyikkan dengan Michelin," sambung Dorna Managing Director, Commercial Area, Pau Serracanta.

Sayangnya kembalinya Michelin sempat diawali dengan keragu-raguan para pembalap. Terlebih ban buatan mereka sempat pecah dan terkelupas seperti yang dialami Loriz Baz beberapa waktu lalu.

Trik yang dilakukan oleh Michelin ini, juga pernah dilakukan Bridgestone saat menjadi pemasok resmi ban balap MotoGP melalui serial ban Battlax-nya. Namun pamor MotoGP tak begitu mereka lekatkan di sana, sehingga produk tersebut tetap terpisah dari pamor mereka sebagai pemasok ban di MotoGP.


(UDA)