Klub dan Komunitas

Bikers NRB Serukan Taat Aturan Berkendara

Ahmad Garuda    •    Senin, 06 Nov 2017 16:18 WIB
klub motor
Bikers NRB Serukan Taat Aturan Berkendara
Nmax Riders Bekasi bikin kampanye aman berkendara dan taat aturan lalu lintas dengan cara unik. NRB

Metrotvnews.com, Bekasi: Aturan pembuatan surat izin mengemudi (SIM) yang membatasi usia minimal yaitu 17 tahun, memang bukan sekadar hiasan. Tapi banyak orang yang belum mengerti. Hal inilah yang membuat bikers Nmax Riders Bekasi (NRB) cukup risau. Karena motor jadi alat ukur level keren dan hebatnya seorang anak.

Mereka menggelar kampanye simpatik khusus bertema  'Motor Bukan Untuk Anak Umur < 17 Thn'. Lantaran usia di bawah 17 tahun dinilai belum matang, terutama dalam mengambil keputusan di jalan raya.

Tapi faktanya, kini banyak orang tua yang ingin anaknya terlihat keren, hebat dan terlihat gaya, dan membelikan mereka kendaraan seperti motor. Meski usianya belum cukup untuk mengambil lisensi berkendara, tetap mereka lakukan dengan alasan di atas.

"Rata-rata dari mereka tak memikirkan jika anaknya kecelakaan di jalan raya, siapa yang bertanggung jawab. Hal ini menjadi kegelisahan kami sebagai komunitas pencinta motor. Meski pun mereka punya SIM tapi kalau usianya masih di bawah umur 17 tahun meninggal di jalan karena kecelakaan, rasanya akan jadi masalah besar," tegas PIC 1 NRB, Eko, di acara aksi simpatik, jalan Lapangan Pedurenan, Bekasi Timur.

“Secara mentalitas masih labil berkendara, sayang kalau nyawa mereka dipertaruhkan di jalan. Lebih baik ke sekolah bawa gitar belajar seni dan bisa nyalurin bakat, karena jalan raya bukan untuk menyalurkan bakat,” imbuh PIC 2 NRB Dadang.

Saat melakukan aksi tersebut, NRB menjadi perhatian para pengguna jalan. Lantaran aksi mereka memang tepat guna. "Banyak pengendara yang berhenti dan mengcungkan jempol menyambut positif acara aksi simpatik ini. Meski ada sebagian pengedara anak-anak yang memandang sinis aksi ini."

Aksi yang berjalan 120 menit ini, dikawal langsung oleh Wakil Kepala Polisi Sektor Bantar Gebang, AKP Telly Areska Putra. Ia mengatakan bahwa Kepolisian sangat mendukung kegiatan yang diadakan NRB"

Adapun item yang mereka kuatkan dalam kampanye ini di antaranya:
1, Stop penggunaan motor di bawah umur < 17 Thn.
2. Belum punya SIM jangan naik motor.
3. Keselamatan berlalu lintas dimulai dari keluarga.
4. Pikirikan masa depanmu, bukan motormu.
5. Sayang anak atau celakakan anak Anda dengan motor.
6. Sekolah dulu naik motor kemudian.


(UDA)