Perlengkapan Berkendara

Teknologi MIPS Meningkatkan Kemampuan Proteksi Helm

Ekawan Raharja    •    Rabu, 05 Dec 2018 13:47 WIB
teknologi otomotifperlengkapan berkendara
Teknologi MIPS Meningkatkan Kemampuan Proteksi Helm
MIPS dapat meningkatkan perlindungan dikepala akibat guncangan multi-arah. Medcom.id/Ahmad Garuda

Milan: Pengembangan teknologi terus dilakukan oleh berbagai pelaku industri otomotif, termasuk di sektor helm. Baru-baru ini bahkan diperkenalkan teknologi Multi-directional Impact Protection System (MIPS) yang bisa meningkatkan kemampuan helm memberikan proteksi kepada kepala.

MIPS dikembangkan karena melihat helm belum bisa memberikan perlindungan secara maksimal untuk kepala ketika penggunakanya mengalami kecelakaan. Masih ada resiko cedera yang bisa didapat oleh kepala meski sudah dilindungi helm.

Salah satunya ada cedera yang diakibatkan oleh rotasi kepala dan otak. Diketahuhi kekuatan rotasi dapat menyebabkan kerusakan di otak, dan berakhir dengan cedera serius.

Jika melihat MIPS ini merupakan sistem pelindung dari benturan multi arah. Nantinya sistem ini akan membantu melindungi kepala dari benturan yang terjadi dari berbagai arah.

Sistem kerjanya berupa slip-plane yang terletak di antara cangkang dan liner helm. Slip-plane ini bisa bergerak keberbagai arah, sesuai dengan pergerakan kepala penggunanya.

Sebelumnya teknologi ini sudah banyak digunakan di helm-helm sepeda. Tetapi di EICMA 2018 ini, teknologi ini mulai diperkenalkan untuk helm sepeda motor.




(UDA)