World Supersport 300

Imanuel Pratna Siap Tarung di Seri Perdana WSSP300

Ahmad Garuda    •    Selasa, 10 Apr 2018 19:13 WIB
balap motorpembalap nasionalimanuel pratna
Imanuel Pratna Siap Tarung di Seri Perdana WSSP300
Imanuel Pratna optimis raih hasil terbaik jelang laga perdana di WSSP300 Aragon. Terra e Moto

Faenza: Wakil Indonesia di ajang balap dunia yaitu Imanuel Putra Pratna baru saja menjalani seri perdananya di ajang balap nasional Italia di kategori Supersport 300. Sayangnya, di dua race yang Ia jalani, hasilnya kurang bagus. Race pertama terjatuh dan race kedua performa motor turun karena temperatur tinggi sebagai akibat tak menggunakan autotune.

Namun menjelang laga perdananya di ajang World Supersport 300 yang bakal berlangsung di Sirkuit Motorland Aragon, Spanyol pada Minggu (15/4/2018), Ia optimistis. Mengingat regulasinya berbeda dengan ajang balap di Italia. Dari sisi teknis fuel mapping setup, lebih menuntut kerja sama tim dan pembalap.

"Saya optimis bisa tampl lebih baik di ajang balap WSSP300. Kalau di CIV kemarin kami terbilang cukup sial, namun di kejuaraan dunia kelas WSSP300 ini, rasanya akan berbeda. Kami bisa melakukan setup lebih baik khusus untuk fuel mapping, kalau di CIV sudah diatur pakai autotune, jadi tidak bisa melakukan mapping yang lebih baik. Sementara di WSSP300 tipe ECU-nya berbeda," klaim pembalap yang akrab disapa dengan Elpratna itu.

Tentang persiapan yang Ia lakukan menjelang laga perdananya itu, Ia mengaku lebih memperbanyak sesi latihan fisik untuk membuat tubuhnya lebih bugar dan bisa lebih rileks menjalani seri perdana di Spanyol nanti.

"Saat ini saya sedang menggiatkan sesi latihan fisik agar daya tahan lebih baik saat balapan. Besok baru akan berangkat ke Aragon, lagi pula truk logistik tim juga masih sekitar 400 km dari Aragon."

Jika mengacu pada hasil lap tercepat yang Ia raih saat sesi winter test di sirkuti Aragon pada Maret lalu, kesempatan untuk memaksimalkan potensi motornya terbilang minim. Lantaran hanya sesi latihan hari pertama saja cuacanya normal. Sementara untuk sesi latihan hari kedua dan ketiga, kondisi cuaca memburuk.

Tapi tentu ada harapan besar agar pembalap yang merupakan putra seorang pembalap ini, bisa tampil kompetitif. Apalagi di ajang balap tersebut Ia takkan sendiri dari Indonesia. Mengingat Galang Hendra Pratama dan Ali Adrian Rusmiputro juga akan ikut balapan di sana.


(UDA)