Teknologi Otomotif

Bosch Riset Teknologi Ban Depan Anti Selip

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 22 May 2018 14:14 WIB
bosch
Bosch Riset Teknologi Ban Depan Anti Selip
Tekknologi tersebut saat ini masih proses riset. Autoblog

Stuttgart: Pasir jadi momok untuk pengendara roda dua. Ban dengan kualitas sebagus dan secanggih apa pun akan takluk, ban pasti akan kehilangan traksi. Terlebih jika melibas tikungan dengan kecepatan tinggi dan melindas pasir, dipastikan Anda akan tergelincir.

Respon yang dilakukan pengendara saat melibas pasir biasanya gunakan rem belakang saja, mengurangi kecepatan atau tiba-tiba menegakkan motor dengan cepat saat melihat pasir di tikungan. Tidak ada yang salah sebagai langkah antisipatif.

Melihat bahayanya pasir di tikungan, Bosch saat ini sedang meriset teknologi dengan memanfaatkan udara bertekanan tinggi layaknya mesin jet, untuk mencegah motor tergelincir. Teknologi ini dinamai motorcycle slide prevention system.

Terdapat sebuah sensor yang akan membaca roda ketika terjadi sliding karena gaya lateral saat menikung. Sensor ini akan melepaskan generator udara bertekanan dengan cepat, layaknya airbag yang mengembang.

Udara bertekanan ini akan mendorong motor berlawanan dari arah sliding dan mempertahankan motor tetap bertahan pada jalurnya. Pada proses riset dan demonstrasi, teknologi ini terpasang di sumbu roda depan motor.

Sebuah teknologi canggih yang unik, dan pastinya akan sangat cocok untuk Indonesia, mengingat kondisi jalanan di Indonesia yang tak selalu mulus, serta punya banyak rintangan seperti pasir. 


(UDA)