Tips Motor

Ini yang Bikin Busi Sepeda Motor Cepat Mati

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 07 Nov 2016 11:28 WIB
tips motor
Ini yang Bikin Busi Sepeda Motor Cepat Mati
Setingan karburator tidak pas bikin nembak dan busi cepat mati. Bikeberry

Metrotvnews.com, Jakarta: Sepeda motor beberapa kali mengalami 'batuk' atau nembak (seperti suara tembakan). Biasanya, hal itu terjadi karena kesalahan dalam pemasangan atau setting karburator yang kurang pas.

Menurut Yosie, yang buka bengkel motor Bengbrand bilangan Bekasi Timur, Jawa Barat, suara tembakan biasanya terjadi di sepeda motor yang masih menggunakan karburator. Suara seperti tembakan timbul akibat campuran bahan bakar dan oksigen tidak seimbang.

Kemungkinan lain, kedua pengapian dari busi sudah tak optimal lagi. Sehingga campuran bahan bakar dan udara yang sudah siap dibakar malah tak mendapat percikan dari api. Kondisi ini juga bisa membuat knalpot motor jadi nembak. Jadi patut memperhatikan kondisi pemantik api buat mesin tersebut.

Permasalahan itu bikin busi cepat mati karena bahan bakar masuk secara berlebih ke ruang bakar. Akibatnya bahan bakar jadi lebih boros.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Yosie menyarankan mengatur ulang karburator motor. Dengan begitu, bahan bakar bisa lebih hemat dan usia pakai busi jadi lebih awet.


(HIL)