Modifikasi Motor

Moto Guzzi MGR 1200, Unsur Retro dan Modern Berpadu

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 18 Oct 2016 11:50 WIB
modifikasi
Moto Guzzi MGR 1200, Unsur Retro dan Modern Berpadu
MGR 1200, padukan unsur retro dan modern. Pipeburn

Metrotvnews.com: Moto Guzzi memang tak pernah memproduksi motor MGR 1200 secara massal. Pasalnya, MGR 1200 adalah motor modifikasi dengan menggunakan mesin dari pabrikan Italia tersebut. Sedangkan untuk proses pembuatan, motor ini digarap oleh Radical Guzzi (RG) yang bermarkas di Jerman. Sebelumnya, builder di RG juga sudah membangun motor berbasis California 1400 bergaya cafe racer.

Karya terbaru MGR 1200 sudah rilis. Motor ini diciptakan dengan memadukan warisan Moto Guzzi yang legendaris serta teknologi modern.

Membangun motor ini dilatarbelakangi sejarah pabrikan Moto Guzzi pada 1950-an. Saat itu, mereka mendominasi trek balap dunia dengan menjadi juara Isle of Man TT serta tak terkalahkan di balap Grand Prix 350cc selama lima tahun.

Mengintip ke bagian mesin, engineer Stefan Bronold dan desainer Kay Rieman menempatkan jantung pacu 1.151cc dan V-Twin dari model Stelvio yang merupakan motor tipe touring ke dalam sasis Tonti.  Hal serupa juga digunakan di Moto Guzzi V7 Sport tahun 1960-an.

Penggunaan sasis ini bukan tanpa alasan. Mereka mengklaim sasis tersebut akan membuat titik berat berada di tengah, ringan, dan ringkas. Pemilihan sasis ini juga menguatkan kesan retro di motor yang berlabur warna hijau tua tersebut. Patut diketahui, Warna hijau tua merupakan ikon pabrikan saat balap pada era 1950-an.

Mekanik juga mengubah bagian belakang sasis untuk menyesuaikan dengan bentuk buritan. Untuk edisi terbaru, tak ada jok belakang yang besar. Mereka menggantinya dengan buritan yang terlihat cantik. Sedangkan lampu depan berbentuk bulat tetap dipertahankan karena menjadi standar motor bergaya retro.

Sementara itu, tangki bahan bakar dibuat memanjang dengan posisi setang di bawah segitiga. Dengan begitu, pengendara "dipaksa" untuk merunduk saat berkendara. 

Sedangkan untuk mesin sudah modern berkonfigurasi 90° berposisi melintang. Mesin ini sudah mengusung 4 valve per silinder, berkapasitas 1.151cc dan pengontrol injeksi bahan bakar Weber-Marelli. Output tenaga mencapai 100 daya kuda dengan torsi 113 Nm.

Sisi modern juga terlihat di bagian kaki-kaki. Buktinya, motor menggunakan peredam kejut Ohlins upside-down 43 mm di depan dan ditemani Ohlins TTX di bagian belakang. Urusan pelek menggunakan Rev-Tech alumunium berdiameter 17 inci.


(HIL)