Persiapan MotoGP 2017

Ducati dan Yamaha Masih Fokus Komparasi Fungsi Winglet

Ahmad Garuda    •    Minggu, 20 Nov 2016 17:05 WIB
tes motogp
Ducati dan Yamaha Masih Fokus Komparasi Fungsi <i>Winglet</i>
Jorge Lorenzo masih menggunakan motor dengan sayap kecil (winglet) yang tertempel. Michelin

Metrotvnews.com, Valencia: Tahun depan akan jadi tonggal pertama motor MotoGP bakal digelar tanpa adanya tempelan sayap kecil di fairing dan windshield motor. Komponen aerodinamika yang juga disebut dengan winglet itu sudah resmi dilarang penggunaannya oleh Grand Prix Commission (GPC).

Tapi faktanya, tim Ducati masih kebanyakan menggunakan komponen tersebut selama sesi tes resmi MotoGP di Valencia pekan lalu. Bahkan Ducati yang sebelumnya punya komitmen untuk langsung membawa GP17 kepada pembalap baru mereka, Jorge Lorenzo, ternyata masih memberikan motor GP16 kepada pembalap juara dunia 5 kali itu.

Cal Crutchlow yang sempat main-main ke paddock rival dan mantan timnya itu, menegaskan, bahwa kemungkinan Ducati melakukan komparasi GP16, kemudian GP17 pakai sayap dan tidak pakai sayap.

"Mungkin mereka masih menggunakan itu untuk beberapa alasan kuat, seperrti melakukan kompatasi komponen. Saya hapal cara mereka melakukan pengetesan. Bahkan mereka mengatakan bahwa GP17 yang masih bersayap itu, hanya sebagai bahan komparasi saja," cerita Crutchlow.

Penggunaan sayap kecil di fairing motor ini, sepertinya sangat krusial. Andrea Dovizioso menegaskan bahwa perbedaannya memang sangat terasa. Sekarang isunya mengarah ke safety motor. Karena motor lebih mudah wheelie (ban depat teramgkat) saat melakukan akselerasi.

Perkataan Dovizioso ini diiyakan secara tak langsung oleh owner tim Tech3 Racing, Herve Ponchara. Ia menganggap bahwa berdasarkan data telematry, perbedaan yang ada cukup besar antara motor yang pakai winglet dan non winglet.

"Makanya hampir setiap tim di MotoGP mulai melakukan riset untuk mendesain fairing motor yang bisa menciptakan efek aerodinamika seperti fungsi winglet. Tak heran jika tim pabrikan masih terus membawa fairing yang dilengkapi dengan winglet."


(UDA)