Memilih Pelumas Untuk Skutik "Berumur"

Ainto Harry Budiawan    •    Sabtu, 15 Oct 2016 17:30 WIB
pelumas
Memilih Pelumas Untuk Skutik
Demi memenuhi kebutuhan pasar, Pertamina menghadirkan pelumas baru untuk motor skutik, yakni Enduro Matic-G (FotoL Antara/Widodo S. Jusuf)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bisnis pelumas di Indonesia ibarat gula yang akan menarik semut. Gula bisa diartikan sebagai populasi mobil dan motor, sedangkan semut adalah produsen pelumas.

Persaingan bisnis pelumas khususnya pelumas mesin semakin ketat. Pabrikan berlomba-lomba menyajikan produk yang dibutuhkan pasar. PT Pertamina Lubricants (PL) tak mau kalah. Demi memenuhi kebutuhan pasar, mereka menghadirkan pelumas baru untuk motor skutik, yakni Enduro Matic-G.

Perusahaan "plat merah" ini punya strategi khusus karena spesifikasi pelumas tersebut punya SAE 20W-40 API SL JASO MB. Pelumas ini diklaim lebih kental dibandingkan pelumas kompetitor yang lebih encer seperti SAE 10W-30.

"Saat ini banyak permintaan pelumas spesifikasi 20W-40, sebab banyak skutik yang sudah berumur. Skutik jenis motor baru butuh yang encer. Lalu motor butuh pelumas yang lebih encer setelah berumur lebih dari lima tahun," ungkap Sales & Marketing Director PL, Andria Nusa, Jumat (14/10/2016).

Kini, kondisi motor skutik mulai berumur. Oleh karena itu, kerapatan komponen dalam mesin mulai berkurang. Dengan pelumas lebih kental suara mesin yang mulai kasar bisa diredam.

Enduro Matic-G tersedia dalam kemasan 0,8 (Rp33 ribu) dan kemasan 1 liter (Rp37.500). Produk ini diperkenalkan kepada masyaraakat saat gelaran Indonesia Motor Show (IMOS) 2016 di Plenary Hall JCC, Jakarta (2-6/11/2016).


(HIL)